MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Makna “Jumpritan”

Posted by marsaja pada Juni 26, 2013

Dalam budaya Jawa, ada sebuah dolanan (permainan) yang cukup seru. Nama dolanan atau permainan tersebut adalah “Jumpritan”. Dolanan Jumpritan kalo dinilai hanya sebagai dolanan maka hanya akan menghasilkan permainan yang menyenangkan, menggembirakan, dan semarak. Namun bila kita mau dan mampu mengambil hikmah atau filosofi dari permainan tersebut, maka anda tentu akan lebih beruntung.

Coba kita perhatikan lebih mendalam makna dolanan jumpritan tersebut. kalu boleh saya ilustrasikan dolanan jumpritan tersebut, kira-kira seperti berikut ini. Permainan Jumpritan akan dimainkan oleh beberapa orang, dengan jumlah pemain sama banyaknya antara jumprit yang kesatu dengan jumprit yang kedua atau antara tugu yang kesatu dengan tugu yang kedua. Siapa yang tidak mau memegang tugunya maka akan dikejar sampai kena, sehingga yang dikejar dan kena akan kalah. Namun sebelum dia kena kok mau segera berpegang pada tugunya sendiri, maka dia akan aman. Dan ini bisa dilakukan bergantian antar kelompok kedua tugu tadi.

Filosofi atau makna dari permainan Jumpritan tersebut kurang lebih seperti ini. Siapa saja yang mau memegang tugu (pathokan) maka dia akan aman dari godaan setan. Siapa saja yang mau berpegang teguh pada keyakinan (iman) makan dia akan bebas dari gangguan setan. Siapa saja yang konsisten berpegang pada tali agama maka dia akan bebas dari godaan setan. Ini seperti janji Alloh swt, siapa yang ‘Imannya” teguh maka setan tidak akan berani menggoda sekaligus menjerusmuskan.

Namun bagi siapa saja yang tidak mau jumprit alias lepas dari keyakinan yang teguh maka dia akan mudah digoda setan. Siapa saja yang imannya lemah, dia akan mudah dikalahkan oleh setan. Pertanyaannya, sudah jumpritkah anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: