MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

RPP Atap

Posted by marsaja pada Mei 13, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah               : UPTD SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung

Mata Pelajaran              : Kompetensi Kejuruan

Kelas/Semester             : XI GB / 1

Pertemuan ke                : 1

Alokasi Waktu               : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi       : 11.    Menggambar konstruksi atap

Kompetensi Dasar         : 11.1  Menjelaskan konstruksi atap

                                      11.2  Merancang konstruksi atap

Indikator                        : –  Bermacam-macam jenis penutup atap disebutkan

  –  Karakter bahan penutup atap dan persyaratan konstruksinya disebutkan          

  –  Bentuk atap sesuai denah direncanakan

  –  Kuda-kuda direncanakan

  –  Konstruksi jurai direncanakan

 

I.    Tujuan Pembelajaran                     :

  1. Siswa mampu menyebutkan macam-macam jenis penutup atap
  2. Siswa mampu menyebutkan karakter bahan penutup atap dan persyaratan konstruksinya
  3. Siswa mampu merencanakan bentuk atap yang sesuai denah
  4. Siswa mampu merencanakan Kuda-kuda dengan benar
  5. Siswa mampu merencanakan konstruksi jurai dengan benar

 

II.   Materi Pembelajaran

  1. Jenis/macam-macam penutup atap
  2. Karakter masing-masing jenis penutup atap dan persyaratan konstruksinya
  3. Rencana atap
  4. Rencana kuda-kuda
  5. Rencana konstruksi jurai luar dan jurai dalam

 

III.  Metode Pembelajaran         : Ceramah, tanya jawab, dan praktek

 

IV.  Kegiatan Pembelajaran

A.   Kegiatan awal

  • Guru memberi salam, apersepsi dengan mengabsen kehadiran siswa dan motivasi belajar
  • Guru menginformasikan kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi ajar
  • Guru menjelaskan mengenai pembahasan yang akan dibahas bersamaan

B.   Kegiatan inti

Guru menjelaskan tentang :

  • Macam-macam jenis penutup atap
    • Spesifikasi  masing-masing jenis penutup atap
    • Karakter  masing-masing jenis penutup atap
    • Cara pemasangan masing-masing jenis penutup atap
    • Guru memberikan pernyataan umpan
    • Guru memberikan kesempatan tanya jawab kepada siswa

C.   Kegiatan akhir

  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
  • Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.

 

V.   Alat, Bahan dan Sumber Belajar

  1. Panduan Membangun Rumah
  2. Buku Ilmu Bangunan Gedung 2, Konstruksi Bangunan Gedung

 

VI.  Penilaian :

  1. Teknik              : Tes tertulis
  2. Bentuk              : Tes subyektif

 

 

  1. Soal / Instrument           :
    1. Sebutkan macam-macam bentuk atap !
    2. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan kemiringan atap datar !
    3. Sebutkan macam-macam bahan penutup atap !
    4. Apakah fungsi dari kayu kap ?
    5. Sebutkan bagian-bagian dari kayu kap !
    6. Uraikan beberapa pekerjaan pembuatan atap !
    7. Sebutkan beberapa item pekerjaan bagian atas dinding rumah !
    8. Apakah fungsi dari kuda-kuda dalam suatu bangunan ?
    9. Sebutkan bagian-bagian dari konstruksi kuda-kuda !
    10. Berapakah volume balok ukuran 8/12 panjang 4 meter ?

 

  1. Penskoran         :

Soal subyektif

 

No

Kunci Jawaban

Skor

1.

 

2.

3.

4.

5.

 

6.

7.

 

8.

9.

 

10.

Atap datar, atap pelana, atap perisai, atap menara, atap tenda, atap melengkung, atap mansard, atap patah keluar, atap gergaji, atap kerucut, dan atap kubah

Tempat – tempat beradanya talang dan luasnya bidang atap

Asbes, seng, genteng, multiroof, sirap.

Sebagai rangka atap untuk memikul beban genteng

Balok kayu kuda-kuda, balok kayu gording, balok kayu jurai dalam, balok kayu jurai luar, dan balok kayu dinding.

Pemasangan genteng, pemasangan rangka kaso (usuk) 5/7 dan reng ¾.

Pekerjaan pembuatan dan pemasangan kuda-kuda, kaso 5/7 dan reng ¾., papan lis plank, papan dan karet talang air, atap   genteng, bubungan beton.

Sebagai tumpuan utama terhadap pembebanan, baik beban mati maupun beban hidup

Balok under, balok kunci, balok sokong, balok tarik, balok tembok, balok gording, kaki kuda-kuda, kaso, reng, plat begel, dan baut.

Volume = T x L x P

             = 0.08 x 0.12 x 4

             = 0.0384 m³

10

 

10

10

10

10

 

10

10

 

10

10

 

10

 

JUMLAH

100

 

 

Tulungagung, 18 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala UPTD SMKN 1 Pagerwojo                                                          Guru Mata Diklat

 

 

 

Drs. Rofiq Suyudi                                                                                Maryanto, S.Pd.

NIP. 19640307 198703 1 012                                                                  NIP. 19780811 200901 1 004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: