MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

RPP Atap-2

Posted by marsaja pada Mei 13, 2013

                                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah               : UPTD SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung

Mata Pelajaran              : Kompetensi Kejuruan

Kelas/Semester             : XI GB / 1

Pertemuan ke                : 1

Alokasi Waktu               : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi       : 11.    Menggambar konstruksi atap

Kompetensi Dasar         : 11.3  Menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda

Indikator                        : –  Detail kuda-kuda utuh dan setengah kuda-kuda digambar dengan baik dan benar

  –  Notasi keterangan dan dimensi ditulis dengan lengkap, benar dan rapi 

 

 

I.    Tujuan Pembelajaran                     :

  1. Siswa mampu menggambar detail kuda-kuda utuh dan setengah kuda-kuda dengan baik dan benar
  2. Siswa mampu menuliskan notasi keterangan dan dimensi dengan lengkap, benar dan rapi

 

II.   Materi Pembelajaran

  1. Gambar detail :
    1. Detail kuda-kuda
    2. Detail ½ kuda-kuda
  2. Penulisan :

Nama dan ukuran batang kuda-kuda

Nama dan balok rangka atap

 

III.  Metode Pembelajaran         : Tanya jawab dan praktek

 

IV.  Kegiatan Pembelajaran

A.   Kegiatan awal

  • Guru memberi salam, apersepsi dengan mengabsen kehadiran siswa dan motivasi belajar
  • Guru menginformasikan kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi ajar
  • Guru menjelaskan mengenai pembahasan yang akan dibahas bersamaan

B.   Kegiatan inti

  • Guru memberikan kesempatan tanya jawab kepada siswa
  • Guru memberikan pernyataan umpan
  • Siswa menggambar :
    • Detail konstruksi kuda-kuda pada tiap-tiap titik simpul
    • Detail konstruksi hubungan kuda-kuda dengan ½ kuda-kuda
    • Siswa mencantumkan/menulis :
      • Nama dan ukuran batang kuda-kuda
      • Nama dan ukuran balok rangka atap
      • Keterangan lain yang diperlukan

C.   Kegiatan akhir

  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
  • Guru memberikan tugas mandiri terstruktur

 

V.   Alat, Bahan dan Sumber Belajar

  1. Alat tulis gambar, kertas gambar A3
  2. Teknik Menggambar Bangunan 2, Panduan Membangun Rumah, dan Modul Gambar Bangunan

 

VI.  Penilaian :

  1. Teknik              : Pengamatan
  2. Bentuk              : Hasil tugas
  3. Soal / Instrument           :

Buatlah gambar detail konstruksi kuda-kuda dan ½ kuda-kuda pada halaman 242 dengan skala 1 : 100 !

 

 

  1. Penskoran         :                                                                                                           skor

Gambar detail konstruksi kuda-kuda dan ½ kuda-kuda, BSE : hal. 242                               = 100

 

 

Tulungagung, 18 Juli 2009

Mengetahui,

Kepala UPTD SMKN 1 Pagerwojo                                                          Guru Mata Diklat

 

 

 

Drs. Rofiq Suyudi                                                                                Maryanto, S.Pd.

NIP. 19640307 198703 1 012                                                                  NIP. 19780811 200901 1 004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: