MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Perang Suci

Posted by marsaja pada November 30, 2009

Siapakah sebenarnya musuh terbesar manusia itu? Jawabannya ternyata bukan syetan, iblis, orang yang memusuhi, atau orang lain yang benci pada kita. Tapi, musuh terbesar kita sesungguhnya adalah nafsu kita sendiri.

Kita sudah paham bahwa syetan maupun iblis diciptakan karena tugasnya memang untuk menggoda manusia, menggoda keimanan, keyakinan kita. Jadi sebenarnya kita tidaj perlu repot menyalahkan syetan, justru karena tugas syetan tersebut, sepantasnya memacu kita setiap pribadi manusia untuk selalu meningkatkan keimanan kita kepada Alloh SWT. Tanpa diuji, maka kita tidak akan mengetahui kualitas keimanan kita. Misal, orang yang sabar itu bukan karena dia bisa bilang “saya sabar” tetapi orang yang ketika mendapat ujian, cobaan, musibah, atau kesusahan, kita tetap mampu menerima dengan lapang dada.

Manusia pada dasarnya juga bukan termasuk musuh kita, karena manusia sebenarnya mempunyai nurani yang sifatnya selalu berbuat kesucian. Berarti, orang yang tidak mampu menahan atau mengelola hawa nafsunyalah yang sebenarnya membahayakan pribadi kita. Barang siapa mampu mengelola nafsu pribadinya dialah yang bisa selamat, sebaliknya yang tidak mampu mengontrol nafsunya maka akan menyebabkan kerusakan, kehancuran bagi pribadi dan orang lain.

Barangkali konsep inilah yang disebut sebagai “Perang Suci” yaitu perang melawan hawa nafsunya sendiri. Ketika ada bencana alam baik dari unsur tanah (longsor, gempa bumi), angin (badai, puting beliung),  air (banjir bandang), dan api  (gunung meletus, kebakaran) apa yang bisa kita lakukan untuk berlindung supaya kita selamat ? Jawabannya adalah Jujur dan taat pada aturan Sang Maha Pencipta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: