MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Mendudukan Posisi Sholat

Posted by marsaja pada November 30, 2009

Ada sebuah hal yang patut kita renungkan kembali agar sholat kita semakin khusyu’. Karena pada dasarnya sholat adalah sarana untuk mengingat Dzat Yang Maha Suci dan bentuk pengakuan kita kepada Sang Kholiq. Maka kita tentunya harus teliti dan terus memperbarui sehingga tujuan sholat dapat tercapai. Ibaratnya kalau niat kita ingin menghadap Presiden maka efeknya kita akan hati-hati dalam perilaku kita, kita akan malu kalau kita tidak bersikap sopan bahkan biasanya kita akan memakai pakaian yang paling bagus agar penampilan kita meyakinkan, namun setelah acara menghadap selesai maka biasanya kita akan mudah lupa dan kembali berperilaku seperti aslinya sehingga nuansa ketika bertemu presiden akan hilang dengan sendirinya. Begitu juga kalau kita pas sholat kurang labih akan seperti itu, dan kebanyakan semangat atau nuansa itulah yang terjadi pada diri setiap manusia ketika menjalankan syariat sholat. Lalu posisi yang pas itu seperti apa?Coba anda bayangkan dan rasakan kira-kira apa bedanya ketika kita menghadap presiden dan merasa dilihat presiden secara terus menerus. Kemungkinan yang pertama ketika menghadap mungkin kita bisa sopan namun ketika tidak menghadap biasanya perilaku kelihatan aslinya (lupa) namun jika dalam hati dan perasaan kita merasa dilihat presiden terus maka adabiyah kita tetap akan terjaga dan merasa ingat terus dan tidak mudah lupa.

Begitulah gambarannya, ternyata menurut pengalaman kami agar sholat kita semakin khusyu’, selalu ingat pada Yang Maha Suci, maka niatkan bahwa kita yang sebagai makhluk ternyata tidak bisa lepas dari kehadiran Allah SWT, kita tidak akan merasa lepas dari pandangan Sang Kholiq. Jikalau itu sudah tertanam pada diri anda maka anda akan tetap berupaya menjaga sholat, tetap berusaha menjaga perilaku dan sopan santun anda sehari-hari karena kita merasa dihadapan Allah SWT, sehingga kita akan malu kalau sampai lupa apalagi berbuat mungkar.

Itu tadi pengalaman rohani yang kami rasakan yang intinya agar sholat kita semakin meningkat utamanya dalam menjalani hidup sehari-hari karena hakikatnya apapun yang kita niatkan dan kerjakan tetap terlihat oleh pandangan Allah SWT tanpa sedikitpun yang terlewat. Mari kita sadari hal itu sehingga perilaku kita akan semakin meningkat.

Satu Tanggapan to “Mendudukan Posisi Sholat”

  1. Kojek said

    Semoga kita selalu dalam iman dan islam, amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: