MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

“Soto Campur Soto”

Posted by marsaja pada November 29, 2009

Dalam istilah budaya Jawa ada istilah yang cukup menarik untuk dipelajari dan dipahami yaitu Makanan Soto dan Soto (tembakau). Pada dasarnya jika masing-masing dinikmati sendiri-sendiri rasanya enak. Baik yang makan soto, seperti soto lamongan, soto babat atau soto jakarta. Termasuk yang suka merokok (soto/tembakau), banyak merk rokok yang bisa dibeli sesuai kemampuan anda. Namun lain rasanya jika keduanya dicampur jadinya “Soto campur soto” maka bukan nikmat yang dirasakan namun mabuk yang akan dialami.

Nah perilaku yang seperti itu bisa kita lihat pada sosok pribadi seseorang juga. Jika seseorang gemar berbuat kebaikan, suka menolong orang lain, suka membantu kesulitan orang lain, dll. Maka dia akan disebut sebagai pribadi yang mulia. Begitu juga juga jika orang yang suka berbuat kejahatan, maka orang akan mengatakan bahwa tingkah lakunya jelek atau jahat. Namun jika perilaku baik dicampur dengan perilaku buruk maka hasilnya akan memabukkan.

Orang yang suka berperilaku seperti itu sebenarnya akan kelihatan dari sikapnya. Orang seperti ini selain memabukkan bagi dirinya maka akan berdampak juga bagi orang lain. Apa bisa kebaikan dicampur dengan kejelekan? kalaupun toh kelihatannya bisa maka sifat aslinya tentunya akan nampak.

Kita tahu orang yang mabuk adalah orang yang akalnya tidak sehat. Dia tidak akan bisa berpikir dengan jernih. Dan jika tidak bisa berpikir secara jernih maka hasilnya tentu akan negatif. kalau hasil pemikirannya dipakai bisa bahaya bagi orang lain dong. Maka orang yang punya sikap seperti itu tidak perlu dijadikan teman apalgi teladan bisa bahaya bagi kita. Maka akan lebih baik jika kita seharusnya menikmati “Makanan Soto” saja. Bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: