MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Jangan Berbicara Jika Tidak Tahu

Posted by marsaja pada Agustus 17, 2009

Ada sebuah fakta yang menarik untuk dicermati yang terjadi disekitar kita sehari-hari. Fakta tersebut adalah informasi apapun yang terjadi detik itu maka akan segera menyebar secepat informasi tersebut muncul. Memang sekarang ini media perannya sangat besar utamanya dalam menyampaikan segala macam informasi, terutama fakta yang terjadi di lingkungan kita yang dianggap berdampak besar bagi sebuah pemberitaan. Nah, agar kita memperoleh informasi atau menyebarkan informasi sebenarnya ada prasyarat yang harus dipenuhi yaitu “Jangan berbicara jika tidak tahu“. Artinya Kita boleh berbicara jika memang tahu kebenarannya. Disini jelas bahwa dalam berbicara itu ada aturan yang jelas yang patut diperhatikan dengan sungguh-sungguh agar informasi yang disampaikan kepada orang lain atai pihak lain mempunyai kebenaran yang sesungguhnya, artinya data bisa dipertanggungjawabkan.

Ingat lidah lebih tajam dari pada pedang, atau perkataan ibarat anak panah yang melesat dari busurnya. Bahwa perkataan bisa berdampak luar biasa bagi orang lain maka kita harus lebih hati-hati sehingga apa yang kita sampaikan bermanfaat apa malah menyebabkan keresahan di kalangan umat. Coba perhatikan gara-gara gosip kehidupan rumah tangga bisa berantakan. Karena kesalahan informasi rencana yang telah tersusun bisa gagal total, dll. Anda bisa memperhatikan peristiwa dilingkungan anda, bisa di sekolah, di tempat kerja, kantor-kantor atau tempat lain. Di tempat-tempat tersebut berita apapun bisa dibicarakan seramai berita itu ada bahkan bisa lebih ramai lagi jika dibicarakan secara bersama-sama.

Namun sebagai manusia yang berakal sehat, janganlah kita gampang mempercayai setiap informasi tanpa mengetahui kebenaran pastinya. karena jika berita itu kita berikan kepada orang lain dan oleh orang lain tersebut disebarkan maka beritanya tentu akan semakin bias. Kalau sudah begitu siapa yang mau bertanggung jawab. Bukankah akan lebih baik lagi jika kita hanya berbicara berdasarkan fakta dan tanpa rekayasa atau istilahnya berita yang kita sampaikan berlandaskan kebenaran dan kejujuran tanpa merugikan pihak lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: