MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Semua Karena “Kursi”

Posted by marsaja pada Juli 31, 2009

Pasca pilpres, kita dikejutkan oleh tragedi bom yang telah menghancurkan 2 hotel di jakarta. Setelah itu rakyat juga dbuat kaget dengan berita adanya putusan MA tentang perubahan “kursi” pemilu legislatif. Terjadi pro dan kontra pasca keputusan MA tersebut, tentu saja bisa ditebak, yang bersikap pro adalah partai politik yang diuntungkan mendapat tambahan kursi, sebaliknya yang kontra adalah mereka yang dirugikan karena jumlah kursinya berkurang. sehingga pada saat ini bumi perpolitikan tanah air sedang diramaikan oleh aksi gugat menggugat pasca putusan tersebut. Belum lagi hasil pilpres yang juga masih dalam proses di MK.  Nah kita sebagai rakyat Indonesia sebenarnya pasca putusan MA tersebut apa untungnya bagi kita?Sebenarnya dalam proses demokrasi seperti pemilu di Indonesia sudah sepantasnya kita mendahulukan kepentingan rakyat, bukan hanya kepentingan parpol saja yang justru seakan-akan ketika mereka dirugikan mereka menggugat, namun ketika banyak kepentingan rakyat yang dirugikan justru sangat kecil sekali suara pembelaan dari wakil rayat. Kita seakan kadang heran juga dengan tingkah polah para politikus kita sendiri, mereka yang selalu berbicara atas nama rakyat, atas nama demokrasi namun kadang perilaku politiknya tidak mencerminkan moralitas politik yang santun atau yang khas Indonesia.

Kami bangga sebagai warga negara Indonesia yang terkenal dengan budaya timur (santun, murah senyum, guyub rukun, musyawarah, dll). Kami juga akan semakin bangga jika para pemimpin di negeri ini juga menampilkan sikap yang juga elegan. Kami akan dukung perjuangan para pemimpin yang masih memperhatikan moralnya. Sehingga dengan sikap yang santun tadi, kami berharap rakyat juga dapat merasakan kedamaian, kesejukan dan rasa pengayoman. Dan memang mereka pantas untuk diteladani.

Namun, jika perilaku mereka sebaliknya maka kita sebagai rakyat harus berpikir lebih jernih lagi, pantaskah mereka menjadi pemimpin kita. Jadi jangan karena putusan MA, maka para caleg tadi ramai-ramai berebut bahkan saling menggugat agar dirilah pemenangnya. Kami butuh pemimpin yang selalu mengedepankan kerukunan, sehingga rakyat akan tetap enjoy melakukan berbagai aktifitasnya. Sehingga justru rakyatlah yang sebenarnya memajukan negeri ini.

Dan kami berharap setelah adanya keputusan tetap nanti dan mereka dilantik, mereka benar-benar membuktikan janji-janji sewaktu kampanye pemilu yang lalu. Mereka yang duduk di “kursi” justru mempunyai tanggung jawab besar untuk memajukan negeri ini melalui kekuasaannya. Mereka harus menyadari bahwa dipundaknya ada amanah yang harus dilaksanakannya jika mereka benar-benar sebagai manusia yang bermoral. karena hanya kemanfaatan itulah rakyat akan percaya dan mendukung bahwa memang pantas mereka menjadi wakil rakyat, wakil kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: