MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Menyiapkan Mental Siswa

Posted by marsaja pada April 17, 2009

Pada pekan-pekan depan seluruh siswa se Indonesia akan menghadapi Ujian Nasional baik tingkat SD, SMP, maupun SMA. Persiapan yang dilakukan biasanya adalah persiapan materi dan nonmateri. Salah satu persiapan nonmateri tersebut adalah persiapan mental siswa. Dalam hal ini guru haruslah berjuang sekuat tenaga agar mampu menyiapkan mental anak agar benar-benar siap menghadapi ujian. Jangan sampai peristiwa siswa hanya merasa siap secara materi namun tidak siap mental.

Tugas guru dan orang tualah yang harus menata anak-anaknya agar mamu menghadapi apapun hasilnya, terlebih jika siswa tersebut gagal ujiannya karena nilainya tidak mampu. Cukup banyak fakta pada tahun-tahun sebelumnya bahwa walaupun anak siap secara materi namun mereka ternyata lemah secara mentalnya. Maka psikologisnya juga perlu dibangun agar mereka tetap tabah mengadapi hidupnya.

Namun ada yang lebih penting lagi disini adalah menyiapkan mental mereka kedepan agar lebih siap menghadapi realita hidup, bahwa hidup ini tidak sesulit atau semudah yang dibayangkan, namun nilai-nilai ketegaran dan ketabahan adalah juga penting untuk menopang jiwanya, sikapnya. Mari bangun mental anak agar mereka punya semangat yang besar untuk sukses dan pantang menyerah, sehingga ketika kelak mereka dewasa, akan menjadi sosok yang tangguh dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: