MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Katanya Politik Kok Kotor?

Posted by marsaja pada Maret 19, 2009

Ada yang bilang katanya politik di Indonesia itu kotor. Benarkah pendapat itu, sebelum kita mengetahui dan memahami tentang posisi yang sebenarnya bahwa politik itu seperti apa, maka kita ulas dulu gambaran sekilas kondisi perpolitikan di Indonesia, maaf saja walau saya sebenarnya tidak mempunyai latar belakang pendidikan politik, namun setidaknya kami berani untuk berpendapat tentang kondisi politik di negeri ini karena kami sadar kami juga termasuk warga negara yang berhak ikut mengemukakan pendapat.Kalau dilihat dari kondisi perpolitikan di negara kita memang secara umum masih kurang baik, terbukti baik legislatif, eksekutif maupun yudikatif banyak terjadi kasus-kasus korupsi sehingga mereka belum amanah untuk menyejahterakan rakyat. Kehidupan rakyat pada umumnya masih belum makmur dan sejahtera. Para pelaku politik kita malah memberikan contoh yang kurang baik bagi pendidikan politik di negeri ini. Anehnya sekarang ini bayak caleg yang mengusung tema ini kemakmuran dan kesejahteraan.

Melihat fakta tersebut kita jangan dulu gampang mengambil kesimpulan bahwa politik itu kotor, apalagi memvonis bahwa sistem pemerintahan kita juga tidak relevan lagi atau tidak mampu membawa rakyat ke arah hidup yang makmur dan sejahtera. Gambarannya misalkan seperti ini, ada seorang tokoh agama yang berbuat maksiat atau sikapnya tidak terpuji, maka anda jangan terburu-buru menyalahkan agamanya, tapi teliti dulu orangnya. Mungkin tokoh agama tadi  dalam memahami syariat agamanya masih setengah-setengah atau kurang kaffah, atau bisa saja kelihatannya paham namun dalam prakteknya malah tidak mencerminkan agamanya sama sekali. Sehingga langkah yang bijak disini adalah tabayun dulu, klarifikasi atau mencari penjelasan dulu baru kalau informasi atau datanya benar kita menentukan sikap yang selanjutnya.

Dalam hal ini jikalau memang yang muncul di permukaan adalah lebih banyak perilaku kotornya yang ditunjukkan oleh para pemimpin atau anggota dewan dan bahkan para caleg sekarang ini, mulai kasus korupsi, moralitas dll. Maka jangan tergesa-gesa kita menyalahkan atau memvonis bahwa politik itu kotor. Sekali lagi anda harus mempunyai dasar untuk berpijak dan bersikap, karena itu akan mencerminkan kepribadian anda.

Menurut pendapat kami, politik di Indonesia itu sebenarnya bersih bahkan suci, jika benar-benar didasarkan pada falsafat bangsa yaitu Pancasila. Jika yang dijadikan dasar berpolitik tadi adalah pencerminan dari dasar negara kita, mulai dari sila pertama (Ketuhanan), sila kedua (kemanusiaan), sila ketiga (Persatuan), sila keempat (kerakyatan), dan sila kelima  (keadilan) maka kami  yakin jika para anggota legistaif dan para caleg yang sekarang ini mampu memahami secara lebih mendalam dan dihayati dalam perilaku sehari-hari maka POLITIK ITU SUCI.

Kenapa suci, karena dasar dan arah politik kita bukan hanya untuk kepentingan pribadi, namun untuk kepentingan yang lebih besar lagi yaitu bangsa dan negara kita termasuk rasa tanggung jawab kita di akhirat kelak. Kalau ini yang disadari apakah mereka akan berani bermain-main dengan politik itu. Tentu mereka akan berpikir ulang untuk menentukan sikap yang lebih baik agar tanggung jawab tersebut mampu diembannya. benar nggak?

Mereka berani berbuat tidak fair, tidak jujur, kurang adil, tidak rukun karena memang falsafah bangsa tadi kelihatannya hanya dianggap sebagai pajangan saja, bukan dimaknai lebih mendalam dan tercermin dalam perilakunya. Mereka berbuat kotor karena yang diutamakan adalah hanya kepentingan pribadi dan golongannya atau hanya mengejar materi dan menumpuk kekayaan saja tanpa mempedulikan nasib rakyat. Mudah-mudahan sikap dan tingkah laku para caleg tadi benar-benar mencerminkan jiwa Pancasila. lima dasar  yang menjadi pijakannya. Seperti halnya dasar lima rukun islam yang itu kalu kita pegang dengan teguh tentu akan melahirkan sifat dan sikap yang terpuji. amiiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: