MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Sepele Dadi Sepolo

Posted by marsaja pada Maret 11, 2009

Hidup ini ternyata bergerak dinamis, seperti dinamis air sungai mengalir. Lepas dari masalah yang satu sudah menanti masalah yang baru dan itu berlangsung secara terus menerus. Yang ternyata tanpa kita sadari justru disitulah sebenarnya kita belajar hidup dan kehidupan ini. Karena pada dasarnya kehidupan ini penuh dengan misteri, yang ternyata misteri tersebut bisa terungkap jikalau kita mampu dengan cerdas menghadapi dan menyelesaikan setiap persoalan yang mengiringi kita. Intinya manusia tidak akan bisa terlepas dari masalah kehidupan ini, masing-masing dalam menilai persoalan tersebut tergantung kedewasaan cara berpikir dan memandang persoalan tersebut. Seperti yang terjadi di sekitar lingkungan kita sehari-hari kadang-kadang hanya gara-gara masalah kecil karena tidak segera terselesaikan maka masalahnya menjadi besar atau istilahnya (barang sepele dadi sepolo) Banyak sekali kasus yang terjadi disekitar kita yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik, malah akhirnya menjadi urusan yang runyam. Bisa jadi itu karena kurang pemahaman kita menghadapi masalah tersebut atau emosi dan marah yang ita dahulukan. Oleh karena itu manusia sebnarnya sudah dibekali dengan kecerdasannya agar mampu menyelesaikan setiap permasalahan tersebut. Memang kadang kita sulit untuk menghadapi sebuah persoalan justru disitulah posisi kita seharusnya mau bercerita pada orang lain dan bermusyawarah, sehingga permasalahan kita jangan malah semakin menumpuk yang akhirnya kita menjadi stress dan merasa dunia ini penuh masalah, yang ujung-ujungnya kalau iman kita tidak kuat maka bisa berakibat fatal. Kita mudah depresi, kreatifitasnya kita lenyap, orang lain seakan tidak mampu membantu memecahkan masalah kita, dan yang paling fatal kadang kita merasa siap untuk menyelesaikan masalah tetapi ita tidak sadar malah menjadi bagian dari masalah itu sendiri. Kalau sudah demikian maka urusan menjadi tambah runyam dan ruwet.

Cara mengatasinya, Pertama  adalah anda jangan meremehkan setiap urusan kecil di sekitar anda sendiri, kita harus peka terhadap setiap hal atau perkara yang terjadi di sekitar kita. Kita harus punya semangat agar perkara-perkara yang kecil tadi dapat segera teratasi, sehingga nantinya tidak akan menimbulkan permasalahan yang besar. Karena masalah yang kecil kalau sudah tersulut api (emosi dan marah) bisa jadi apinya akan semakin besar, yang akhirnya masalah utamanya menjadi kabur sehingga menimbulkan masalah yang baru lagi.

Cara yang kedua adalah dengan mengembalikan posisi masalah yang pokok tadi sehingga akar permasalahan tersebut segera dapat diselesaikan. Termasuk jangan sampai unsur emosi atau marah bahkan kekerasan yang didahulukan untuk merampungkan masalah tadi, tapi cobalah dengan kesabaran dan kecerdasan, sehingga kita akan menjadi semakin dewasa dalam hidup ini. Karena pada dasarnya kita masing-masing dituntut untuk selalu belajar dan terus belajar melalui masalah yang setiap saat menghampiri setiap manusia di dunia apakah itu pangkatnya presiden atau rakyat biasa. Jadi urusan yang sepele jangan sampai mudah terbakar menjadi urusan yang sepolo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: