MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Kupu Rasa Kepompong

Posted by marsaja pada Januari 4, 2009

Dalam pekan ini umat Islam masih dalam suasana Tahun Baru Hijriyah yaitu pada bulan Muharram 1430 H. Pada bulan ini juga umat Islam disyariatkan untuk mengamalkan ibadah puasa sunah “Asyura“. Seperti halnya puasa di bulan lainnya, maka puasa Asyura ini seharusnya menjadi titik tolak bagi peningkatan kualitas keimanan seorang muslim. Agar kita mampu meningkatkan kualitas keimanan tersebut kita seyogyanya mampu memahami bagaimana makna yang sebenarnya dari puasa Asyura tersebut. Untuk itu kami mencoba akan memaknainya dari sisi lain, yaitu yang kami sebut dengan istilah “Kupu Rasa Kepompong” Bagaimanakah maksud dari istilah tersebut? Istilah Kupu Rasa Kepompong sengaja kami pilih, karena dari makna tersebut kami dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang hakikat makna puasa. Pertama kami memang sengaja mengamati kehidupan dari kedua binatang tadi. Dari hasil pengamatan kami teruskan untuk mendalami falsafah hidupnya. Sehingga paling tidak akhirnya kami dimampukan untuk merumuskan arti dari istilah Kupu Rasa Kepompong tersebut.

Gambaran kehidupan Kupu-kupu kurang lebih adalah sebagai berikut. Kupu adalah perlambang hewan yang hidupnya penuh kemuliaan, keindahan, dan keberkahan. Kemuliaannya dapat kita lihat dari fisiknya yang bisa terbang, dari makanannya yang hanya memakan sari-sari bunga. Keindahannya dapat kita jumpai dari sayap dan warna-warni rupanya. Dan keberkahannya dapat kita amati dari setelah ia memakan sari-sari bunga, yang mana akhirnya berkat kerja kerasnya pohon atau bunga yang dimakannya bisa menghasilkan buah yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Kelebihan yang lain adalah semua orang baik besar atau kecil, baik orang tua atau anak-anak, baik laki-laki atau perempuan semua akan merasa senang jika melihat kupu-kupu beterbangan. Jika disekitar rumahnya ada taman-taman bunga yang itu terdapat komunitas kupu-kupunya maka rumah tersebut akan kelihatan indah, asri dan nyaman. Itulah sekilas gambaran kehidupan kupu-kupu yang tentunya anda dapat memperjelas sendiri dengan pengamatan yang lebih detail.

Sedangkan kehidupan Kepompong jika diamati dengan seksama adalah Kepompong hidup diselimuti oleh daun yang membungkusnya. Mereka hanya mau makan jika ada makanan yang dihadapannya, dan tidak berusaha mencari makanan di tempat lain, karena ia hanya berada di tempat yang sama. Walaupun mereka lebih banyak berpuasa, namun tubuhnya ternyata gemuk dan terlindung dirumahnya. Namun, jika ia berusaha keluar maka bahaya akan mengancam seperti dimakan burung atau ayam.

Makna dari Kupu Rasa Kepompong kurang lebih adalah sebagai berikut, yaitu sosok orang yang sudah melewati tahapan menjadi ulat kemudian meningkat ke tahap kepompong baru kupu-kupu. Artinya Orang yang hidupnya dikaruniai kemuliaan, keindahan dan keberkatan. Hidupnya mulia karena ia telah mampu menjadi sosok orang yang beriman lagi ihsan, hidupnya diliputi keyakinan dan kepercayaan yang tinggi akan kebesaran Ilahi Robbi. Ia sangat yakin bahwa sebagai hamba ia harus berusaha mempertahankan kemuliaan sebagai manusia, sebagai kholifah dimuka bumi ini. Ia harus mampu tetap mejaga sifat dan sikapnya agar sesuai dengan kaidah agama.

Hidupnya penuh dengan keindahan artinya bahwa setiap yang melihat dia akan merasa senang, karena secara lahir dan batin memang ia mampu menyenangkan orang lain. Hidupnya indah karena dihiasai dengan perilaku atau akhlaq yang terpuji, sehingga tindak-tanduknya benar-benar indah dilihat dan indah dirasakan. Akhlaqnya menawan, dan ia mampu menyenangkan bagi siapa saja yang berada didekatnya. Di dalam hatinya tidak terbersit rasa iri, dengki dan dendam kepada siapapun.

Hidupnya penuh keberkahan mengandung maksud bahwa dimanapun ia berpijak maka ia akan bermanfaat bagi orang lain. Ia akan mampu menjadi penghantar bagi pribadi-pribadi sholih sholihah. Ia kan mampu melahirkan generasi-generasi unggul di berbagai bidang. ia akan senantiasa berusaha untuk memberi kemanfaatan bagi siapapun yang membutuhkan bantuannya, petunjuknya atau nasehatnya. Ia mampu menjadi penerang bagi kegelapan di sekitarnya. Ia mampu menjadi pencerah bagi jiwa-jiwa yang gersang yang sangat mmebutuhkan bimbingannya.

Sedangkan yang dimaksud kupu rasa kepompong adalah bahwa walaupun hidup anda sudah termasuk kategori kupu jangan lupa sifatnya kepompong. Berati anda harus senantiasa berpuasa, menahan diri dari nafsu yang membelenggu, nafsu yang hanya menguasai anda, baik itu nafsu amarah atau alwamah. Anda mampu menjaga sikap dimanapun anda berada. ketika anda difitnah anda harus sabar dan mencoba menerima. Ketika anda digunjing, diolok-olok anggaplah itu sebagai cobaan yang sebenarnya kalau anda lulus justru akan meningkatkan kualitas pribadi anda. Ketika anda terjebak pada suasana jengkel, usahakan anda jangan marah, tahan nafsumu agar jangan sampai meledak. karena kerusakan di muka bumi ini justru lahir akibat kita belum mampu menahan amarah.

Tahanlah juga sifat seperti gampang iri, dengki, curiga, selalu bersaing. Itu adalah wujud beberapa nafsu alwamah. Jika anda sudah bisa menguasai nafsu itu maka anda akan merasakan ketenangan hidup yang luar biasa. Kenyamanan hidup yang sangat didamba-dambakan oleh orang. Ketenangan dan kenyamanan yang sebenarnya tidak bisa dibeli dengan uang atau materi. Ketika tetangga anda bersaing membeli barang-barang kebutuhan skunder maka anda upayakan jangan mudah ikut arus. Jika tetangga anda berlomba-lomba membangun rumah mewah, maka anda jangan terjebak untuk menyainginya. Ibaratnya orang akan terus merasa dahaga dan tidak kenyang. Sesuaikan dengan kondisi keuangan anda, sehingga anda akan merasa nyaman dan tenang dalam menyikapi hidup ini. Anda akan menjadi pribadi yang berkarakter, tatag dan tidak gampang bingung dalam menyikapi setiap keadaan hidup yang akhir-akhir ini semakin tidak menentu saja. Hanya orang-orang yang mempunyai pribadi Kupu Rasa Kepomponglah yang akan tetap berdiri tegak di tengah-tengah kondisi jaman yang seperti ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menjadikan kita lebih yakin dalam menatap hidup ke depan dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: