MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Sebaiknya Kita Pilih Siapa Ya?

Posted by marsaja pada Desember 25, 2008

Menjelang pemilu legislatif dan presiden pada tahun 2009 nanti kondisi perpolitikan di negara ini katanya semakin memanas (yang penting pikiran dan hati kita tetap dingin, OK). Dijalan, diperempatan, di pohon, dijalan protokol, dan tempat-tempat strategis lainnya banyak terpajang gambar-gambar maupun foto para calon anggota legislatif dan partai peserta pemilu. Sehingga dengan keadaan dan suasana seperti itu, kesan yang muncul adalah diberbagai tempat sudah banyak aroma dan atribut pemilu. Mulai calon legislatif daerah sampai pusat dan para calon presiden maupun wakil presiden. Dan yang lebih fenomenal lagi adalah munculnya cara-cara instan dalam berpolitik seperti menampilkan citranya masing-masing melalui “IKLAN POLITIK”. Dari semuanya yang muncul di permukaan itu, demikian banyaknya para calon, akhirnya sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pilihan rakyat. Pertanyaannya sebaiknya kita pilih siapa?Sebelum Anda menentukan pilihan pada pemilu nanti, ada baiknya kita melihat fenomena dan fakta perpolitikan yang terjadi akhir-akhir ini di negeri kita tercinta. Sehingga Anda dalam memilih nanti benar-benar mempunyai pedoman bukan asal ikut arus saja, istilahnya dalam bahasa Jawa adalah “Waton Manut atau Manut Mawa Waton” artinya kita hanya ikut-ikutan saja atau memilih dengan pedoman.

Bila dilihat dari wajah perpolitikan kita sekarang, para calon anggota legislatif berlomba-lomba mempromosikan diri, baik melalui media masa, iklan politik, maupun memasang banner di berbagai tempat strategis. Tidak jarang bahkan yang langsung berdialog dengan masyarakat, baik melalui forum seminar maupun dialog langsung dengan masyarakat lapis bawah. Intinya sama, mereka para calon sibuk menebar pesona agar rakyat memilih mereka ketika pemilu kelak, agar mereka mendapat dukungan rakyat secara signifikan.

Dalam hal ini rakyat sebaiknya harus hati-hati dan teliti dalam menentukan dukungan politiknya. Karena kalau kita hanya mendasarkan pilihan pada calon hanya dari informasi yang berasal dari iklan politik atau promosi calon, itu nanti bisa mengecewakan kita. Karena rakyat mungkin kurang paham tentang track record para calon. Rakyat mungkin kurang paham terhadap jejak rekamnya. Inilah yang patut menjadi kewaspadaan kita semua. Jangan sampai kita seperti membeli kucing dalam karung. Luarnya kelihatan bagus namun dalamnya ternyata jelek. Penampilannya meyakinkan namun sifat dan sikapnya memprihatinkan. Berlagak  atas nama rakyat namun aspirasi rakyat jarang diperhatikan.

Rakyat tentunya harus berkaca pada hasil pemilu 2004 yang lalu. Sejauh mana para calon benar-benar memperhatikan aspirasi kita. Ketika mereka belum jadi, baik partai politik atau para anggota dewan, mereka sibuk-sibuk berlomba dengan disertai janji akan memperjuangkan nasib rakyat, namun kenyataannya sekarang apa yang dialami dan dirasakan rakyat. Sejauh mana pembelaan para wakil rakyat terhadap persoalan rakyat. Ketika ada kasus lumpur lapindo, bagaimana sikap para wakil rakyat? Tentu anda bisa membedakan mana yang masih konsisten memperjuangkan nasib rakyat dan mana yang sudah tidak peduli. Mana yang masih berusaha memperjuangkan rakyat dan mana yang mementingkan pribadi atau golongannya. Ini sepatutnya menjadi perhatian serius rakyat jika tidak ingin mengalami pengalaman seperti yang lalu.

Jadi, sebelum anda memutuskan akan memilih siapa. Tentu harus dilihat dulu track record partainya atau para calonnnya. Anda mempunyai hak politik yang itu adalah hak dan wewenang anda untuk memilih. Gunakan dasar atau pedoman yang benar. jangan hanya menurut saja tanpa pedoman, namun sebaiknya menurut tapi dengan dasar atau pedoman. istilahnya “waton manut atau manut mawa waton“. Ingat anda berhak untuk memutuskan sesuai hati nurani anda.

Kesimpulannya, anda sebaiknya pilih wakil atau calon yang masih jujur kepada anda, bukan hanya sekedar obral janji semata, hanya mengandalkan popularitas iklan/promosi semata. Tentukan pilihan berdasarkan pwatak dan kepribadiannya. Ingat sekarang sudah banyak orang yang pandai, namun mereka justru hanya mengejar kepentingan pribadi dan golongannya saja. Pilihlah yang benar-benar mampu mengemban amanah dan yang memperjuangkan rakyat Indonesia tanpa pandang bulu. Wakil atau calon yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negaranya, yang tidak memandang rakyat berdasarkan perbedaan SARA. Kami hanya bisa ikut sumbang saran saja, membantu anda berpikir secara jernih sebelum memutuskan sebuah pilihan politik di negeri kita ini. Yang jelas, kami bukan anggota partai atau tim sukses para calon legislatif. kami bukan simpatisan partai atau juru kampaye partai/calon legislatif. Kami hanya merasa prihatin dan merasa tergugah untuk sekedar menyampaikan di blog ini tentang pemilihan umum yang sebentar lagi berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: