MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Bangsa Yang Maju adalah …

Posted by marsaja pada Desember 21, 2008

Keberhasilan suatu bangsa dalam pembangunan adalah cerminan salah satu bangsa yang maju. Kemajuan suatu bangsa juga dapat dilihat pada sejauh mana masyarakat mampu hidup secara adil dan makmur serta sejahtera. Faktor lainnya adalah apabila terciptanya stabilitas diberbagai bidang baik politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan. Namun ada hal yang lebih penting dari itu semua, yaitu bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang mau dan mampu menghormati bangsanya sendiri. Bagaimanakah yang dimaksud menghormati bangsanya sendiri? Berikut ini keterangannya:Gambarannya adalah sebagai berikut kita pada dasarnya sebagai manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya di antara makhluk yang lain. Kemuliaan itu akan nampak jika perilaku atau akhlaknya benar-benar mencerminkan kebaikan atau keihsanan, namun sebaliknya manusia juga bisa disebut hina, jika perilakunya seperti binatang. Ini adalah gambaran dalam sekup kecil tentang pribadi manusia yang maju yaitu yang mampu menghormati bangsanya sendiri.

Dalam sekup yang lebih besar, pada sebuah bangsa juga sama seperti gambaran kehidupan manusianya. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mampu menghormati bangsanya sendiri artinya adalah:

Pertama, apabila masyarakatnya mampu menghormati kepribadian bangsa itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa ideologi bangsa pada dasarnya diambilkan pada nilai-nilai manusia Indonesia secara murni, yang akhirnya mampu dirumuskan oleh para pendiri bangsa / faunding father. Mereka secara musyawarah kekeluargaan dengan mengatasnamakan persatuan dan kesatuan atau kerukunan akhirnya mampu menghantarkan bangsa menggali nilai-nilai ideologi sehingga menjadi ciri khas suatu bangsa.

Kedua, apabila masyarakatnya mampu memahami sejarah kehidupan bangsanya. Bangsa Indonesia lahir tidak dengan serta merta, namun melalui lika-liku perjuangan yang panjang. Bangsa Indonesia juga merasakan penderitaan yang lama dan menyakitkan karena telah dijajah oleh bangsa kolonialisme dan imperialisme. 3,5 abad dijajah Belanda dan 3, 5 tahun oleh Jepang menandakan bahwa penderitaan rakyat Indonesia sangat panjang. Namun dengan gigih dan pantang menyerah rakyat Indonesia akhirnya mampu meraih kemerdekaan. Setelah proklamasi kemerdekaanpun cobaan juga terus mendera, yaitu dengan menghadapi agresi Belanda dan juga saudara-saudara kita yang memberontak kewibawaan NKRI. Itu semua harus dipahami sehingga dari sejarah itulah seharusnya kita mampu berkaca bahwa kesewenang-wenangan, perpecahan, perebutan kekuasaan, dll adalah dapat menjadikan bangsa kita malah semakin lemah.

Ketiga, apabila masyarakatnya mampu mempertahankan jati diri bangsa. Jati diri bangsa adalah sebuah identitas yang murni dari suatu bangsa. Seperti manusia yang juga mempunyai perbedaan sifat dan sikap. Jati diri suatu bangsa juga mencerminkan kepribadian bangsa itu sendiri. Bangsa Indonesia adalah termasuk salah satu yang mempunyai jati diri, hendaklah tetap dipupuk, dijaga, dan dipertahankan, sekaligus dikembangkan, sehingga cerminan bangsa yang beradab tetap terjaga. apabila suatu bangsa kehilangan jati dirinya maka secara hakikat bangsa itu juga hilang. Salah satu contoh saja, walaupun Jepang maju secara ekonomi, namun tradisi dan budaya tetap dilestarikan baik oleh pejabat negara maupun rakyatnya.

Kita sebagai warga negara Indonesia, seharusnya merasa prihatin dan merasa malu bahwa justru yang muncul adalah sebuah perilaku yang mencerminkan bangsa yang  kurang beradab. banyak sekali peristiwa yang ada sekarang ini yang lebih menonjolkan perilaku bukan manusiawi. Seperti kekerasan merajalela dimana, pengrusakan, pembakaran, pembunuhan, pemerkosaan, penistaan, dan perilaku-perilaku negatif lainnya. Hal ini adalah cerminan suatu bangsa yang jahiliyah.

Jadi, kalau bangsa ini ingin maju dalam segala bidang maka MULAILAH untuk menghormati diri, saudara, keluarga, masyarakat dan bangsanya. Jangan bilang maju jika kita lupa terhadap jati diri kita sebagai bangsa yang besar, bangsa yang bermartabat, dan bangsa yang berdaulat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: