MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Meraih Hidup Mulia

Posted by marsaja pada November 23, 2008

Manusia diciptakan adalah untuk rahmatal lil’alamin, rahmat bagi alam semesta ini. Manusia juga ditugaskan sebagai pemimpin di bumi ini. Untuk meraih posisi terhormat itu manusia harus mampu meraih hidup yang mulia, karena kedudukan manusia lebih tinggi daripada malaikat jika menjadi manusia yang bertaqwa atau mulia. Sedangkan kedudukan manusia akan lebih rendah daripada binatang jika perilakunya nista dan hina. Nah, bagaimana agar manusia mampu meraih ke derajat kemuliaan itu? Berikut ini resepnya!.

Pertama, adalah ILMU, karena dengan ilmu hidup manusia akan bergerak maju. Manusia akan tahu apabila memiliki ilmu. manusia akan mampu berbuat apapun jika mengetahui ilmunya. Kita mampu berhitung jika menguasai ilmu hitung. Manusia mampu menciptakan alat-alat atau teknologi canggih karena mempunyai ilmu. Manusia mampu pergi ke langit juga karena ilmu. Manusia mampu memecahkan setiap persoalan hidup juga karena ilmu.

Kedua, adalah HARTA, karena dengan harta hidup menjadi lebih berdaya guna. Untuk membangun kita membutuhkan harta. Untuk membeli barang-barang yang diperlukan hidup juga menggunakan harta. Untuk bershodaqoh juga bisa dengan harta. Untuk membangun masjid juga membutuhkan harta. Untuk beribadah manusia juga membutuhkan sarana dan prasarana.

Ketiga, adalah CINTA, karena dengan cinta hidup menjadi ceria. Tanpa cinta serasa hampa. Untuk menyayangi antarsesama manusia membutuhkan perasaan cinta. Untuk saling menghargai dan menghormati kita butuh cinta. Rasa saling memiliki juga butuh cinta. Untuk beribadah kepada Allah SWT kita juga butuh perasaan cinta. Untuk meneladani Rasulullah SAW kita juga memerlukan cinta. Untuk berkorban, berjuang demi hidup, agama, dan negara semuanya butuh cinta.

Keempat, adalah IMAN, karena dengan iman hidup terasa aman. Tanpa keimanan atau keyakinan kita akan kehilangan pegangan hidup. Keyakinan atau keimanan kita kepada yang menciptakan kita itulah yang mampu meyakinkan setiap tindakan kita. Keimana yang mendalam kepada Sang Kholik akan melahirkan sifat dan sikap yang bagus. Dengan memiliki iman haqqul yakin kita menjadi aman karena merasa mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Jika ingin meraih hidup yang mulia, maka keempat resep tersebut harus kita laksanakan dan menjadi sifat dan sikap kita sehari-hari. Keempatnya menjadi satukesatuan yang utuh dan saling berkaitan. Bila ada satu saja yang belum kita miliki, maka hidup serasa tidak lengkap. Tanpa ilmu hidup tidak akan mampu bergerak maju, tanpa harta hidup serasa tidak berdaya guna, tanpa cinta hidup serasa tidak ceria, dan tanpa iman hidup serasa tidak aman. Jadi, mari kita raih kemuliaan itu dengan ilmu, harta, cinta, dan iman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: