MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Mendidik Anak dengan Perilaku Positif

Posted by marsaja pada November 23, 2008

Ada sebuah realitas yang menarik di masyarakat kita tentang pola pendidikan yang tepat agar potensi anak berkembang dengan maksimal. Untuk mendidik anak-anaknya para orang tua sudah berusaha bertingkah laku baik dan berusaha mengajarkan hal yang baik pada anaknya, tetapi anaknya mempunyai masalah besar dalam hal berperilaku, bertindak, dan berpikir. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Tiada lain hal itu terjadi karena pada saat proses pembentukan sikap dan perilaku anak, si anak menangkap hal-hal negatif dalam diri orang tuanya melalui pikiran bawah sadarnya. Dan kebanyakan orang tua tidak menyadari hal itu. Dengan kata lain, sebenarnya apa yang ada dalam pikiran bawah sadar orang tualah yang tertangkap lebih banyak oleh pikiran bawah sadar si anak, bukan apa yang secara sadar dilakukan untuk mempengaruhi si anak yang tertangkap berbuat salah.

Menjadi semakin jelas juga bahwa permasalahan anak-anak sebagian besar atau kecil terjadi karena peran orang tua sendiri. Andil orang tua adalah ketika masa pembentukan itu terjadi. Orang tua yang bijaksana akan berusaha menyesuaikan diri dengan belajar dan mencari solusi positif atas masalah anaknya, tetapi yang tidak bijaksana semata-mata akan menyalahkan si anak, sesuatu yang justru memperburuk keadaan.

Oleh karena itu perhatikan benar-benar apa yang ada dalam pikiran bawah sadar kita, terutama pertanyaan dan komunikasi yang kita lakukan pada diri sendiri, karena hal ini akan mengarahkan fokus kita dan selanjutnya mengarahkan tindakan kita. Inilah salah satu faktor terpenting yang menentukan kualitas kita sebagai orang tua yang baik dan akan sukses mendidik anak-anak kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: