MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Menjaring Premanisme

Posted by marsaja pada November 10, 2008

Ada sebuah gebrakan terbaru dari Kapolri yang baru. Kalau Kapolri sebelumnya lebih menekankan pada penanganan kasus narkoba, perjudian, dan ilegal logging. Maka, Kapolri sekarang mempunyai program yang juga patut di dukung yaitu, memberantas segala macam premanisme jalanan. Bukti terbaru adalah ditangkapnya Hercules yang merupakan preman Pasar Tanah Abang. Di daerah para pucuk pimpinan polisi daerah juga melaksanakan intruksi yang sama, yaitu menangkapi para preman jalanan, termasuk yang ada di Kediri. Ini adalah sebuah kemajuan yang cukup berarti, sehingga masyarakat akan semakin merasa tenang, karena selama ini mereka dibuat cemas oleh keberadaan premanisme.

Memang biasanya dari sebuah pergantian kepemimpinan di kepolisian, selalu dibarengi dengan program-program terbaru yang mampu menjadi shock terapy bagi para penjahat. Perlu, diingat program Kapolri sebelumnya juga tidak kalah moncer, terbukti kasus-kasus narkoba, segala bentuk perjudian dan juga ilegal logging cukup sukses ditangani. Terlebih kasus terorisme yang melanda negeri ini juga cukup sukses diselesaikan, walaupun tidak menutup kemungkinan masih ada teror-teror yang lain.

Ya, kami sepakat Kapolri sekarang memberantas premanisme, walaupun itu dimulai dari premanisme jalanan. Namun akan lebih baik lagi dan tentu akan mendapat acungan jempol, jika Polisi juga tegas terhadap visi memberantas premanisme berdasi. Artinya polisi juga berani memberantas kejahatan orang-orang yang justru menjadi preman di lembaga-lembaga pemerintah, yang biasanya disebut sebagai oknum pejabat. Karena fakta yang terjadi cukup banyak pejabat yang kelakuannya melebihi preman di jalanan, seperti korupsi, dll. Kalau memang ingin memberantas premanisme, seharusnya harus lebih dikembangkan tidak hanya di jalanan tapi juga di lembaga pemerintahan.

Coba bayangkan saja, ketika banyak kasus korupsi terjadi justru lembaga penegak keadilan seperti kejaksaan malah tercoreng oleh kelakuan oknum yang malah mendukung kejahatan korupsi tersebut, baik kejaksaan yang ada di tingkat pusat maupun daerah. Inilah yang harus ditindaklanjuti lagi, sehingga masyarakat akan percaya kembali kepada lembaga-lembaga penegak hukum di negeri ini. Yang terjadi sekarang adalah bahwa dimasyarakat ada kesan justru lembaga peradilan merupakan lembaga sarat perlakuan korupsi.

Jadi, saya setuju jika Kapolri sekarang berani menindak tegas setiap kasus premanisme baik di dalam maupun di luar, baik di perkantoran maupun di jalanan, sehingga Indonesia yang merupakan negara hukum, dapat kembali ditegakkan. Masyarakat kembali akan percaya dan mendukung penuh, supaya penegakan hukum dan kepastian hukum kembali berdiri kokoh. Selamat bertugas dan menegakkan kembali hukum di Indonesia tercinta, selamat hari Pahlawan, semoga Allah SWT meridhai setiap niat baik Kapolri dan jajarannya.

Satu Tanggapan to “Menjaring Premanisme”

  1. ORGIL said

    GILA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: