MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Intisari Norma dalam Kehidupan Bersama

Posted by marsaja pada November 10, 2008

Materi PKn SMP Kelas VII Bab I

Norma hakikatnya adalah pedoman perilaku manusia. Norma menjadikan kehidupan manusia makin manusiawi. Ada enam macam nora yang penting dalam masyarakat, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, adat istiadat, kebiasaan, dan norma hukum.

Keenam norma tersebut memiliki perbedaan dalam hal sanksi. Sanksi kelima norma yang pertama kurang memiliki daya paksa efektif. Sedangkan sanksi norma hukum lebih tegas dan kongkret, sehingga relatif memiliki daya paksa efektif. Itulah sebabnya, diperlukan norma hukum. Itu tiak berarti norma hukum lebih penting dibandingkan norma-norma lainnya. Keenam norma tersebut saling melengkapi.

Kebiasaan adalah tindakan yang biasa/lazim/umum dilakukan masyarakat. Meskipun bukan aturan, kebiasaan mempunyai pengaruh terhadap perilaku keseharian warga masyarakat. Adat istiadat terdiri atas empat unsur, yaitu : nilai-nilai budaya, sistem norma, sistem hukum, dan aturan-aturan khusus. Keempat unsur itu saling terkait, membentuk suatu sistem, yaitu sistem adat istiadat.

Hakikat hukum adalah peraturan. Hukum adalah peraturan mengenai perilaku manusia dalam kehidupan bersama, dubuat oleh pejabat berwenang untuk mewujudkan ketertiban dan keadilan masyarakat, bersifat mengikat dan memaksa, memilii sanksi yang tegas dan jelas, sehingga barangsiapa yang melanggarnya dikenakan sanksi oleh pejabat yang berwenang.

Dalam kehidupan sebuah negara, hukum merupakan sebuah keharusan. Negara harus berlandaskan hukum. Hukum tidak hanya bertujuan menciptakan ketertiban, tetapi juga mewujudkan keadilan.

Kesadaran akan pentingnya hukum yang adil bagi warga negara itu memunculkan ide mengenai negara hukum. ciri-ciri negara hukum , antara lain : supremasi hukum dalam kehidupan negara, pembagian kekuasaan negara, kekuasaan kehakiman yang bebas an tidak memihak, jaminan hak-hak asasi manusia, kedudukan yang sama di muka hukum.

Memiliki norma-norma saja tidak cukup. Itu semua harus diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari, baik itu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan begitu, berbagai norma mencapai tujuannya : mewujudkan perilaku yang baik dan tertib dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (Sumber : Drs. Saptono, PHiBETA 2006)

3 Tanggapan to “Intisari Norma dalam Kehidupan Bersama”

  1. Norma-norma yg bersifat nonformal (tidak resmi) merupakan aturan-aturan tidak tertulis yg diakui
    keberadaan nya oleh masyarakat.

    okok !

  2. […] Intisari Norma dalam Kehidupan¬†Bersama […]

  3. hm,,,
    jdi itu yg di maksud norma dalam kehidupan bersama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: