MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Refleksi Sumpah Pemuda

Posted by marsaja pada Oktober 28, 2008

Delapan Puluh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 perwakilan para pemuda se-Indonesia dengan semangat yang menggelora menyuarakan sebuah sumpah yang terkenal dengan sebutan “Sumpah Pemuda”. Ada hal yang sangat penting yang digelorakan para pemuda pada saat itu, yaitu sebuah pengakuan akan tiga hal, bahwa mereka mengaku bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan berbahasa persatuan bahasa Indonesia.

Perhatikanlah pengakuan para pemuda terhadap tiga hal yang tergabung dalam Sumpah Pemuda, alangkah mulianya hati para pemuda saat itu. Sebuah pengakuan yang tulus dan murni akan kepentingan yang jauh lebih besar dari kepentingan golongan dan diri sendiri. Mereka tidak menonjolkan segala macam perbedaan, justru persamaanlah yang mereka usung. Sehingga walaupun dari berbagai unsur, mereka bisa bersatu padu dan bersumpah untuk terus menggelorakan semangat persatuan, sehingga mampu mengilhami seluruh masyarakat untuk berjuang dalam koridor rasa persatuan di atas kepentingan bangsa dan negara.

Lalu bagaimana kita seharusnya merefleksikan peristiwa Sumpah Pemuda? Ingatlah bahwa semangat persatuan dan kesatuan sangat pas dan tepat sesuai ajaran agama Islam, yaitu semangat kerukunan yang mana itu menjadi dasar bagi umat Islam yakni Rukun Islam dan Rukun Iman. Ingat RUKUN lhoo bukan persengketaan, perpecahan, mengedepankan perbedaan atas nama apa saja. Jikalau semangat kerukunan yang terus kita jaga dan rterus dikembangkan, niscaya kemakmuran dan kejayaanlah yang akan kita dapat.

Sudah saatnya bangsa Indonesia kembali kepada semangat kerukunan, kebersamaan, kegotong royongan, kekeluargaan, saling tolong menolong, saling membantu, saling menghargai dan saling menyayangi. Tinggalkan permusuhan, kebencihan, dendam, iri, dengki, perpecahan, adu domba. Buat hidup ini lebih bermakna, lebih bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun sesama, karena semulia-mulianya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Terakhir, Sudahkah kita yang merupakan warga negara Indonesia benar-benar memahami makna “Sumpah Pemuda” untuk itu mari kita buktikan dengan tindakan yang bermanfaat dan terpuji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: