MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Memaknai Sumpah Pemuda

Posted by marsaja pada Oktober 28, 2008

Tanggal 28 Oktober 2008 adalah tepat 80 tahun berlangsungan peristiwa bersejarah “Sumpah Pemuda”. Bagaimanakah kita seharusnya memaknainya? Dengan memaknai yang positif dan pas kita diharapkan tidak akan salah dalam bersikap dan bertindak. Coba renungkanlah ketika kita masih dalam kandungan. Dijelaskan bahwa ketika kita dalam kandungan ibu, kita ternyata telah bersumpah dan bersaksi untuk mengaku kepada dua hal yaitu : Mengaku bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan mengaku bahwa Muhammad utusan Allah.

Tentunya pengakuan tersebut bermakna sangat dalam, karena itu bukti nyata bahwa kita mengakui kepada yang telah menciptakan kita dan mengakui utusan-Nya yang dapat menjadi suri tauladan. Setelah kita beranjak baligh kita juga setiap menjalankan ibadah sholat lima waktu maupun sholat sunah, kita juga terus mengucapkan janji itu. Maka marilah kita menyadari apa yang kita ucapkan, sehingga dengan kesadaran itu diharapkan akan melahirkan sikap yang mulia, akan memunculkan akhlaq-akhlaq yang terpuji.

Itulah sebenarnya yang membuat para pemuda pada saat itu benar-benar menyadari arti sumpahnya. Yang mana sumpah yang tercetus untuk kepentingan bangsa dan negara, tidak akan terjadi jika tidak ada yang melandasi dan mendasari sifat mereka. Mereka dengan teguh dan percaya diri bersumpah dihadapan orang lain, tentu mempunyai sifat dan sikap yang mampu menggelorakan semangat itu. Dan semangat yang mampu menggelorakan jiwa-jiwa yang heroik itu adalah tiada lain kecuali Pengakuan terhadap Dua Kalimah Syahadat. “Asyhadualla Ilahaillallah Waasyhaduanna Muhamadarasulullah”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: