MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Menjaga Kemenangan

Posted by marsaja pada Oktober 8, 2008

Bulan Ramadhan telah berlalu, semua umat muslim berharap tahun depan dapat berjumpa lagi dengan Ramahan. Pada bulan Ramdhan kita banyak sekali mendapatkan berkah, karena pada bulan itu Allah SWt menurunkan barokah, pengampunan dosa, dan terbebas dari api neraka. Umat Islam berlomba-lomba dalam beramal dan berbuat kebajikan. Mereka selama sebulan penuh latihan untuk menahan hawa nafsu, agar nafsunya benar-benar terkendali.

Satu bulan telah berlalu, pada bulan syawwal inilah kita berjumpa dengan “Bulan Kemenagan”. Kemenangan bagi siapa? Kemenangan yang merasa telah berjuang dengan semangat jihad pada puasa Ramadhan lalu. Kemenangan yang membahagiakan seluruh umat Islam di dunia. Kemenangan yang seharusnya tetap dijaga agar suasana kemenangan tersebut benar-benar tertancap di hati oleh seluruh umat muslim yang beriman.

Marilah kita lihat, sebenarnya kemenangan yang bagaimana yang benar-benar disebut sebagai kemenangan sejati!. Bangsa Indonesia juga pernah dalam sejarahnya juga mengalami kemenangan yaitu kemenangan atas penjajahan bangsa yang serakah yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemudian bagaimana kondisi rakyat Indonesia sekarang, apakah sudah benar-benar disebut menang atau merasa menang! Itulah yang patut kita renungkan bersama. Kalau kita menyikapinya hanya dengan senang-senang, maka kerugianlah yang kita dapat.

Lalu bagaimana mengartikan “Kemenangan yang sejati itu? Kemenangan hanya bisa kita raih apabila pada masing-masing pribadi telah mampu mengalahkan pribadinya, mengendalikan nafsunya, mengalahkan egonya. Memajukan dirinya, memperbaiki sikapnya, memuliakan akhaqnya, dan memperbaiki kulitas hidupnya, memperbaiki kualitas ibadahnya.

Sehingga dengan adanya semangat dan tingkah laku pada diri pribadi, maka anda patut dikatakan menang. Pengembangannya anda mampu berbuat kebajikan bagi sesama makhluk didunia ini. Anda mampu menolong tetangga yang kesusahan. Anda mampu menjadi penerang dikegelapan. Anda mampu menyenangkan orang yang sedih. Anda mampu menjadi pelindung baik bagi keluarga, saudara, tetangga, maupun masyarakat sekitar anda. Bagaimana apakah anda sudaha merasa menang yang sebenar-benarnya? Maka mari kita jaga spirit kemenagan di bulan syawwal ini.

Satu Tanggapan to “Menjaga Kemenangan”

  1. harakatuna said

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya punya blog baru berisi tulisan/artikel keislaman. Kalau ada waktu, jangan ragu-ragu kunjungi saja blog saya: http://www.harakatuna.wordpress.com , disini kita bisa berdiskusi dan berbagi pengetahuan. Terima kasih atas perhatiannya, saya tunggu kunjungan Anda!
    (Harakatuna-Bandung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: