MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Cara Meningkatkan Preastasi Belajar Anak

Posted by marsaja pada September 28, 2008

Prestasi belajar dapat ditingkatkan dengan mudah bila kita dapat membantu anak menyingkirkan tiga penghambat utama proses pembelajaran (Giorgi Lozanov, Bapak Accelerated learning dunia), yaitu :

1.  Penghambat Kritis-Logis, adalah anak merasa bahwa bersekolah itu sulit, belajar itu tidak mudah dan tidak menyenangkan.

2.  Penghambat Intutif-Emosional, adalah anak merasa dirinya bodoh dan tidak mampu belajar.

3.  Penghambat Kritis-Moral, adalah anak merasa belajar merupakan kegiatan yang membutuhkan upaya keras sehingga anak merasa tidak mampu. (Adi W. Gunawan)

Dengan memahami permasalahan utama pada anak tersebut di atas diharapkan orang tua dan guru perlu membangun kesadaran anak, sehingga anak tidak akan mempunyai persepsi buruk tentang sekolah. Jangan sampai anak berpandangan bahwa sekolah adalah pekerjaan yang membosankan dan memberatkan

Tanamkan pada anak agar memiliki persepsi yang menarik bahwa pembelajaran adalah proses yang mengasyikkan dan menarik, dapat mengetahui hal-hal baru, belajar akan menambah pengalaman baru, mempunyai teman baru.

Dengan mengubah persepsi anak diharapkan akan memperingan langkah orang tua dan guru agar anak dapat belajar sebagaimana belajar untuk kemanfaatan dia kembali bukan untuk orang lain. Dengan persepsi yang positif diharapkan orang tua dan guru maupun masyarakat dapat bersama-sama membantu proses pembelajaran anak sehingga mereka dapat memanfaatkan umurnya untuk menyerap ilmu sebanyak-banyak dan kelak dapat dipraktekan dalam kehidupan sehari-harinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: