MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Agar Anak Punya Minat Belajar

Posted by marsaja pada September 28, 2008

Menurut Adi W. Gunawan, Anak menjadi bosan dan tidak memiliki motivasi belajar karena dia tidak melihat manfaat dari materi pelajaran yang harus ia pelajari. Selama anak tidak bisa melihat manfaatnya, pikiran anak akan tertutup. Akibatnya, materi pelajaran menjadi membosankan dan tidak menarik.

Faktor lain adalah kemampuan anak dalam mempelajari materi pelajaran. Bila anak merasa tidak mampu akan terjadi cognitive shutdown dalam dirinya. Anak akan berpikir untuk apa mempelajari sesuatu yang tidak mampu ia kuasai. Hanya buang waktu dan tenaga saja. Hal ini berlaku bagi orang dewasa.

Oleh karena itu, cara agar anak berminat dalam belajar, tanamkan pada anak bahwa dalam proses pembelajaran pasti ada manfaatnya. Orang tua dan guru memang harus cerdas dan telaten dalam memahamkan pada anak sesuatu yang bermanfaat dari setiap apa yang diajarkannya. Selanjutnya, buat anak paham dan mengerti dulu sehingga anak kelihatannya benar-benar sudah mampu untuk menerima setiap yang diajarkan, jangan mengajarkan sesuatu bila anak belum menunjukkan reaksi atau minat bahwa ia benar-benar ingin mempelajarinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: