MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Puasa = Poso

Posted by marsaja pada September 4, 2008

Dalam bulan ini, umat Islam di seluruh dunia sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan adalah termasuk dalam Rukun Islam. Istilah Jawa puasa adalah “POSO” yang maknanya “Ngeposne Roso”. Maksudnya adalah bahwa ketika menjalani ibadah puasa ini sudah selayaknya setiap umat Islam yang beriman hendaknya benar-benar “ngeposne roso”.

Ngeposne roso adalah suatu sikap dan perbuatan yang sungguh-sungguh menghentikan rasa kita. Artinya ada upaya yang sangat kuat dari pelaku berpuasa untuk menahan perasaan kita untuk benar-benar kita istimewakan khusus kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam. Orang yang menjalani puasa berarti orang yang harus mampu menahan segala keinginan nafsu. Memanajemen perasaan kita agar benar-benar pasrah, sumarah, semende ngersane gusti Allah, bertawakal Illallah.

Perasaan kita sebagai manusia yang mengaku beriman sungguh sedang diuji, apakah benar kita telah “POSO” atau hanya sekedar menahan rasa lapar dan haus saja. Perasaan yang mampu mengembalikan jatidiri manusia untuk tidak gegabah selalu menuruti keinginan-keinginan yang tanpa batas. Perasaan yang mampu mengelola secara bijak apakah kita sebenarnya hanya menuruti nafsu kita atau sudah mampu mengendalikan nafsu alwamah pada diri kita.

Poso adalah suatu bentuk ibadah yang hanya Allah sendirilah yang mengetahui kualitas ibadah manusia. Karena puasa berkaitan dengan hati kita, sehingga kualitas hati / perasaan kitalah yang menentukan seberapa baik kulitas puasa kita. Oleh karena itu mari kita bersama-sama belajar “ngeposne roso” kita sehingga kita akan terarah dalam menjalani setiap perbuatan kita, sehingga tetap dalam lindungan-Nya. Karena pada dasrnya orang yang berpuasa akan merasa malu jika melakukan perbuatan yang kurang pantas yang tidak sesuai adabiyah atau akhlaq yang karimah. aamiiin yaa robbal ‘aalamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: