MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Usaha Pembelaan Negara

Posted by marsaja pada Agustus 25, 2008

Ringkasan Materi : Kelas IX Bab I

Usaha Pembelaan Negara

Pengertian bela negara adalah upaya menjamin kelangsungan NKRI. Pentingnya bela negara karena adanya ancaman baik internal maupun eksternal. Untuk itu, perlu pertahanan negara. Adapun bentuk bela negara ada yang berupa pendekatan militer dan pendekatan nonmiliter, yang keduanya menuntut peran serta dan partisipasi masyarakt. Pendekatan militer digunakan untuk menghadapi ancaman militer, sedangkan pendekatan nonmiliter digunakan untuk menghadapi ancaman nonmiliter.

Pertahanan negara bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Pertahanan negara berfungsi untuk menegakkan NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan. Bentuknya adalah Sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) yang mencakup tiga komponen, yaitu komponen utama, komponen cadangan, dan komponen pendukung. Prinsip pertahanan negara adalah demokrasi yang menuntut partisipasi masyarakat. Demokrasi mengharuskan demiliterisasi atau sipil. Fokus pertahanan negara adalah pada ancaman militer dan nonmiliter.

Pesan Bijak :

1.  “Indonesia khusus mencantumkan pertahanan nirmiliter karena sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sihankamrata) amanah UUD”. (Juwono Sudarsono)

2.  “Pembangunan pertahanan nirmiliter sudah pasti bukan pembangunan kekuatan militer, namun hasilnya sangat penting bagi pertahanan menghadapi ancaman militer. Pembangunan nirmiliter tidak lain adalah pembangunan seluruh aspek kehidupan bangsa”. (Bambang heru Sukmadi)

3.   “Perjuangan melawan kejahatan terorganisasi atau kejahatan transnasional akan menjadi pusat perhatian pada abad ke-21″. (Mark Galeotti)

About these ads

35 Tanggapan to “Usaha Pembelaan Negara”

  1. aprilfooltaiktasu berkata

    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

    BERITA BAIK!!!
    Mari kita liat nich blog. keren abiss!

    MARI MENCARI KEBENARAN

    Masuk sini= http://mustahil-kristen-bisa-menjawabb.notlong.com

    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

  2. vee berkata

    hu’um

  3. pahma herawati berkata

    Wah.,bagus banget tapi ada yg kurang uud ttg bela negara nya mana?

  4. dasuki berkata

    kunyuk

  5. dinda berkata

    hE’eM juGA sECh,eH zK leBIh LeNGkaP dONk,bEsOK tuW gW miD sEmeSteRX TEntaNG nEy JUga…
    HElp ME plEAsE. . . .

  6. thy berkata

    ummm… yg lengkapnya mana nee? buat bkin makalah

  7. kanjut berkata

    akh ni smua anjing tai memek

  8. yulia berkata

    dikit bgt. .
    msa cma itu doank. . .
    yg bner z!! yg lbih lengkap donk!!

  9. enggal berkata

    sy tdk setuju pd tangapan itu

  10. !!!! berkata

    KURANG LLLLLLLLLLLLLEEEEEEEEEEEEEENNNNNNNNNGGGGGGGGGGGKKKKKKKKKAAAAAAAAAAPPPPPPPPP

  11. monica wahyuning asri berkata

    y ampun…..,,
    kasih yang lebih detail dong soalnya untuk tugas individu nih.
    penting banget…,,

    • kucit berkata

      ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
      ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
      ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

  12. tidak alayyy berkata

    KKKKKKKKKKKKUUUUUUUUUURRRRRRRRAAAAAAANNNNNNNGGGGGGGGGGGGGGG
    LLLLLLLLLLLLEEEEEEEEEENNNNNNNNGGGGGGGKKKKKKKAAAAAAAPPPPPPPP

  13. meyra berkata

    ych koq cm sgini aja sih ?
    aq kan butuh lebih banyak lagi buat nyelese’n tugas ??????

  14. rani berkata

    yg lngkap donk…….
    msa cuma sgitu

  15. lintank a.b berkata

    dkit bnged sih
    aku btuh yg lbh lngkap ni buat mklah

  16. lusi n dhea berkata

    kok ga da contoh nya. . .
    harus lengkap dngan contoh nya !!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. lusi n dhea berkata

    seharus nya komplit dengan contoh nya jga
    jgn hanya arti nya doank
    jdi khan kurang lengkap

    makasih !!!

  18. siapa aja boleh berkata

    lengkapin lagi dong

  19. ai berkata

    wau……..

  20. sherly nhopita berkata

    kkkkkkkkkkkkkkuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrraaaaaaaannnnnnnngggg llleennggkapppp

  21. 'Khina Caiiank KozZong ZebeLaz' (Kkuh'xebolangzspechoL-xangadth) berkata

    tambahin lgi dong ringkasannya,,,,,,,,,
    biar lebih paham…!!

  22. "Dhieant'z Dwi Rachma Jayyanthi" berkata

    tambahin donnkkzz penjelasan_y …..

    agar akk jddi pahamb …!!

  23. siska berkata

    cari artwaikel nya dimnnaa nuiih

  24. kerenz berkata

    penjelasannya singkat buuaaaaaangeeeeeeeeeeeeeeetz…………………………………………………………….

  25. intan berkata

    aduh ini apaan-.- dibuku pun ada, gak ada yg bisa diambil. krng lengkap bgt! tolong dilengkapin-_-

  26. fatchurohman hidayat berkata

    yang lengkap llagi donk

  27. sherly berkata

    AS’SALAMU’ALAIKUM

  28. ray ankz maless berkata

    kenapa ???????????

  29. Atris berkata

    LEGA……………BANGET

  30. beny libra bolo-bolo berkata

    ga sempurna gi mana sihhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: