MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Otonomi Daerah

Posted by marsaja pada Agustus 25, 2008

Ringkasan Materi : Kelas IX Bab II

Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah

Pengertian otonomi daerah ada dua yaitu secara konseptual dan menurut Undang-Undang. Daerah otonom memiliki otonomi luas yang mempunyai hak dan kewajiban. Penyelenggaraan otonomi daerah (otoda) terdiri dari desentralisasi, tugas pembantuan, dekonsentrasi, asas umum penyelenggaraan negara. Pelaksanya adalah pemerintah daerah (pemda) yang memiliki program pemerintah/kebijakan publik.

Kebijakan publik ditinjau dari tahap penyusunan terdiri dari politisasi, perumusan program, pelaksanaan program, dan monitoring dan evaluasi. Tipe kebijakan adalah bersifat regulatif, redistributif, distributif, dan konstituen. Di antara bentuk kebijakan publik adalah perda atau keputusan kepala daerah.

Otonomi daerah menuntut partisipasi masyarakat yang dirinci menjadi tipe dan bentuk. Tipenya terdiri dari aktif, militan-radikal, pasif, dan apatis. Bentuknya terdiri dari individual/kolektif, langsung/tak langsung, material/nonmaterial, kegiatan pemilihan, lobying, kegiatan organisasi, mencari koneksi.

Pesan Bijak :

1.  “Wilayah negara harus menikmati otonomi yang otentik dan bermakna, yang memungkinkan mereka mencapai pembangunan secara maksimal menuju kemandirian masyarakat lokal, serta membuat mereka menjadi mitra yang lebih efektif dalam mencapai tujuan nasional”. (Alex Brillantes)

2.  “Prasyarat politik publik ialah berpikir dengan menempatkan diri pada posisi orang lain”. (Haryuatmoko)

3.  “Politik adalah pengambilan keputusan bersama atau pembuatan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya”. (Joyce Mitchell)

3 Tanggapan to “Otonomi Daerah”

  1. Rudy K said

    Aslm. Saya ingin meminta izin untuk mencopy situs ini sebagai bahan tugas kuliah saya. atas izinnya saya ucapkan banyak terima kasih. Rudy Kurniawan Singgih. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Semarang.

  2. chiey said

    bgussss kuu izin bwat nkn makalah.. so ku copy buat referensinya.. lieur yeuuhk

  3. subursani said

    ASS SAYA INGIN BERTANYA APA KERJA PEMERINTAH DALAM OTONOMI DAERAH??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: