MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Nandur Ringin Putih

Posted by marsaja pada Agustus 25, 2008

Alangkah sejuknya jika pada pekarangan halaman depan rumah kita terdapat pohon Beringin (Ringin). Apalagi jika pohon Beringinnya sudah besar, daunnya lebat dan ngrembayung, kita bisa berteduh jika kondisi cuaca sedang panas bahkan hujan. Ada sebuah ungkapan, yaitu “Disitu ada pohon Beringin, disitu ada sumber air”. Memang secara ilmiah pohon Beringin termasuk jenis pohon yang mampu menyimpan sumber air dalam skala besar, sehingga jika kita menggali sumur maka sumbernya akan jernih dan melimpah.

Ya, itulah sekilah gambaran pohon Beringin. Kemudian apa sih makna yang terkandung dari pohon Beringin itu, apalagi jika yang bernama “Ringin Putih” Pada dasarnya kami belum menemukan secara nyata pohon Ringin yang daun atau pohonnya berwarna putih. Ringin Putih disini adalah kias (sanepan). Secara bahasa Ringin Putih adalah sari-sarining pepenginan ingkang putih, resik, utawi suci. Beringin Putih menunjukkan makna yang dalam yaitu sari-sarinya keinginan setiap manusia yang bersifat suci. Keinginan atau kemauan tersebut benar-benar berlandaskan sifat suci yang lahir dari nurani setiap manusia. Ringin Putih merupakan gambaran apakah keinginan kita berdasarkan nafsu atau kesucioan hati kita.

Ringin Putih juga berarti pengayoman suci. Orang yang bersifat seperti sifatnya ringin putih berarti ia telah pantas menjadi pengayom sejati, yang mampu pengayom baik bagi dirinya, keluarganya, maupun masyarakat sekitarnya. Orang yang bisa mengayomi bermakna bahwa ia memang mampu menjadi tempat berteduh di kala orang sedang menghadapi panas maupun hujan, dikala menghadapi masalah yang menimpa setiap manusia. Orang yang berkeluh kesah, bingung menjalani kehidupan ini akan merasa tenang jika bertemu dan minta saran terhadap orang yang bersifat pengayom.

Pohon Beringin juga mampu menyimpan sumber air di dalam tanah, maknanya orang yang mampu dianugerahi sumber kesucian , sumber keilmuan, yang mana kita boleh menimba airnya, mengambil manfaat ilmunya, sehingga kita dapat merasakan manfaat dari air tersebut, baik untuk diri kita maupun yang lain.

Oleh karena itu, sudahkah kita termasuk orang yang benar-benar “Nandur Ringin Putih” artinya orang yang sudah menanam jiwa pengayoman pada diri kita, sehingga kita nantinya mampu mengayomi bagi orang yang membutuhkan. Kita akhirnya mampu siar/dakwah memberikan jalan terang bagi saudara-saudara kita. Mampu memberikan penjelasan mana yang baik dan buruk, yang benar dan salah, mampu berbuat yang bermanfaat bagi orang lain, karena seutama-utamanya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lain.

Satu Tanggapan to “Nandur Ringin Putih”

  1. bayu said

    saya dan rekan saya menanam beringin putih.
    apakah ada info untuk prosespemasaran dari segi bisnisnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: