MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

“17-an”

Posted by marsaja pada Agustus 7, 2008

Setiap tahun bangsa Indonesia secara bersama-sama memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI. Pada tahun ini bangsa Indonesia memperingati tepatnya yang ke-63. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memeriahkannya. Mulai di sekolah, perkampungan, perkotaan, sampai negara semuanya berlomba-lomba mengadakan acara yang murah meriah namun tetap bernuansa kemerdekaan.

Ada yang mengadakan lomba bersih desa, lomba pembuatan gapuro, lomba ketangkasan. Ada yang mengadakan kegiatan jalan santai, sepeda hias, mobil hias, alegori, hingga karnaval  yang semuanya berlangsung sangat semarak, sehingga masyarakat pun antusias untuk melihat secara langsung. Ada yang secara resmi memperingati dalam bentuk upacara mulai tingkat kecamatan hingga tingkat pusat. Bila kita melihat setiap tahun model peringatannya ternyata nuansa tidak jauh berbeda. Semarak tidaknya biasanya tergantung panitia, peserta, penonton dan juga ketersediaan dana.

Namun, sebenarnya ada yang lebih urgen dari sekedar peringatan-peringatan tersebut. Memang memperingati penting, tetapi lebih penting menndalami makna untuk kemudian diambil hikmahnya sehingga pola sikap dan perilaku kita pas sesuai dengan semangan “17-an”. Kalau kita melihat arti dari “17-an” disitu terlihat ada yang pokok dan utama yaitu angka “17”. pada tanggal 17 Indonesia secara defacto menyatakan kemerdekaannya yang menggema ke seluruh dunia. Dengan kemerdekaan berarti penderitaan akibat penjajahan bangsa Imperialis juga berakhir.

Lalu apa rahasia yang sebenarnya dari angka “17” itu?. Coba anda hitung berapa jumlah rekaat sholat lima waktu sehari-semalam? Jawabannya 17. Makna 17 rekaat itulah sebenarnya yang paling penting. Coba kita evaluasi diri pribadi secara mendalam, sudahkah kita telah merdeka (ikhlas) menjalankan kewajiban 17 rekaat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: