MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Falsafah Buah Manggis

Posted by marsaja pada Juli 24, 2008

Nabi Muhammad SAW adalah Nabi sekaligus Rosul Alloh dan penutup para nabi yang berjumlah 25 orang. Ada sebuah sifat yang melekat pada pribadi Rosul yang terkenal dengan gelar “Al Amin” bahkan sifat ini sudah diakui oleh kaum Quraisy sejak usia Nabi masih anak-anak. Kenapa Nabi disebut gelar Al Amin, inilah yang seharusnya dicontoh oleh seluruh ummat manusia di dunia ini.

Al Amin berarti jujur, Bagaimana sebenarnya ilmu jujur itu? saya mencoba memahami dari sisi yang lain yaitu dari merenungkan dan meresapi suatu buah yang sangat manis yang bernama buah “Manggis”. Manggis juga berarti magis atau misteri, bersifat rahasia. Coba anda perhatikan dengan seksama buah manggis pada kulit luar, ada sebuah misteri yang bisa dibaca hanya dari kulitnya. Jika pada bagian bawah kulit ada tandanya lima, maka isinya juga lima, jika tandanya tujuh maka isinya juga tujuh. Kalau belum percaya buktikan deh!.

Pelajaran apa yang bisa kita petik? Pertama walaupun kulitnya hitam tapi isinya berwarna putih dan manis lhoo rasanya. Orang yang jujur itu tidak bisa kita pandang hanya dari tampilan luarnya tapi yang keluar dari dalam itulah yang sebenarnya. Jika tandanya lima, maka isinya juga lima, ini adalah tanda yang benar-benar fakta bahwa antara yang diluar dan di dalam seharusnya sama atau selaras. Walaupun bajunya hitam tapi dalamnya berhati putih dan orang yang jujur itu terasa enak dan manis. Kebalikannya jika kita berusaha menutup-nutupi pribadi kita maka rasanya tidak enak dan tidak nyaman.

Oleh karena itu sudah seyogyanya akhlaq kita masing-masing mari kita hiasi dengan kejujuran. Tiadak usah berlomba-lomba hanya dalam penampilan saja, tetapi berlomba-lomba melahirkan jiwa yang haqul jujur, seperti halnya buah “Manggis” .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: