MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Enam Nilai Budaya

Posted by marsaja pada Mei 28, 2008

Secara umum yang dimaksud dengan kebudayaan adalah suatu proses/hasil krida, cipta, rasa, dan karsa untuk menjawab tantangan hidup manusia. Manusia cenderung tidak puas dengan hanya apa yang terdapat dalam alam kebendaan. Manusia juga ingin memiliki wawasan dan tujuan hidup tertentu sesuai dengan kesadaran dan cita-citanya. Ada enam nilai budaya yang sangat menentukan watak etika dan kepribadian manusia atau masyarakat. Enam nilai budaya tersebut sangat menentukan konfigurasi kepribadian dan norma

Enam nilai budaya tersebut adalah Pertama, Nilai Teori / Ilmiah yang mampu melahirkan idealisme. Jika nilai ilmiah yang utama akan menghasilkan sikap rela berkorban untuk pengembangan ilmiah, jika tidak hati-hati bisa terjerumus ke arah materialis dan sekulerisme. Kedua, Nilai Ekonomi, Jika nilai ini yang mendominasi akan cenderung ke arah paham materialis, sehingga untuk mencapai keuntungan akan menghalalkan segala cara. Ketiga, Nilai Kekuasaan yang arahnya untuk mencapai sebuah kedudukan (jabatan), Jika ini sebagai nilai utama maka orang kategori ini akan berusaha merebut dan selalu ingin mempertahankannya. Ketiga nilai tersebut termasuk Budaya Progresif yang arahnya memang cenderung dinamis dan berkembang.

Nilai budaya berikutnya adalah Nilai Agama, Nilai Seni, dan Nilai Solidaritas yang berdasarkan rasa, perasaan , intuisi, dan imajinasi. Ketiga aspek ini dinamakan Budaya Ekspresif yang berwatak konservatif. Jika nilai-nilai agama tidak didukung pemikiran yang rasional bisa terjerumus pada penghayatan serba mistik dan gaib yang ekstrim dan irasional.

Lalu bagaimanakah yang utama bagi kehidupan manusia? Yaitu dengan mengembangkan budaya yang memiliki keserasian nilai progresif dan ekspresif, hal ini hanya mungkin jika nilai agama dijadikan sendi utama dan didukung oleh nilai teori dan ekonomi. (Prof. Simuh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: