MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Trisakti

Posted by marsaja pada April 21, 2008

Manusia pada dasarnya menginginkan kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Ada banyak cara dan jalan untuk menuju ke arah sukses tersebut. Berikut ini ada tiga kunci pokok jika kita ingin meraih kesuksesan baikdunia akhirat, di antaranya adalah  :

1.   Takholli, yaitu mensucikan hati kita, selalu berprasangka baik (Husnudhon). Istilahnya adalah menengok kekanan atau berpikir positif. Dalam setiap langkah, jangan lupa untuk selalu menjaga niat kita agar jangan sampai kotor, jaga terus supaya tetap bersih dan suci. Karena dengan kesucian hati, dalam setiap memandang masalah kita nanti insya Alloh akan mampu berbuat adil, tidak berat sebelah. Kita mampu memecahkan masalah dengan baik dan tanpa berprasangka dulu. Beda kalau di hati kita sudah ada rasa prasangka, biasanya hasilnya nanti juga kurang baik.

2.   Tahalli, yaitu berbuat/beramal baik kepada Alloh SWT. Karena kita sebagai makhluk Tuhan, maka kita harus ikhlas untuk mengabdi dan beribadah kepada-Nya. Disamping kita mengerjakan yang wajib, tentu kita bisa memperbanyak amal-amal sunah lainnya. Manusia yang paling dikasihi disisi Alloh SWT adalah manusia yang mempunyai derajat taqwa.

3.   Tajalli, yaitu berbuat baik kepada sesama makhluk baik tumbuhan, hewan maupun manusia. Karena kita hidup bersama dengan makhluk yang lain, maka kita harus berbuat baik kepadanya. jangan lupa kita sebenarnya sangat tergantung kepada yang lain, baik terhadap tumbuh-tumbuhan, hewan maupun sesama manusia. manusia sebagai makhluk sosial sangat membutuhkan keberadaan manusia lain. Oleh karena itu sebagai manusia seyogyanya untuk saling menghormati, menghargai, menyayangi, dan memaafkan.

Ketiga kunci pokok di atas kami beri nama “TRISAKTI“. Tiga resep yang bisa membekali hidup kita dengan perbuatan-perbuatan yang mulia. Mari kita renungkan dan melaksanakan dengan penuh keikhlasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: