MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Merangsang Aktif Membaca & Komputer Anak

Posted by marsaja pada April 21, 2008

Bagaimana melatih dan merangsang anak yang suka membaca dan menggunakan komputer agar tidak bosan? Berikut ini tips untuk merangsang agar tetap aktif baik saat membaca dan menggunakan komputer, diantaranya adalah :

Untuk yang hobi membaca, kemampuan membaca perlu dipertahankan dengan memberikan buku-buku yang lebih variatif dan edukatif. Untuk menghindari kebosanan anak, silahkan anak diajak ke toko buku supaya bisa memilih sendiri buku yang disenanginya.

Sedangkan untuk mengembangkan kegemaran komputer, berikan sofware program yang lebih menantang sehingga kreativitasnya jauh lebih berkembang. Tolong hindari game-game yang berbau kekerasan karena bisa menimbulkan dampak negatif. Ada baiknya kita sebagai orang tua juga memberikan permainan edukatif yang berbentuk tiga dimensi dan melibatkan temannya secara kolektif. Misalnya, balok konstruksi atau permainan rancang bangun sehingga kecerdasan spasial (ruang) dan sosialnya juga berkembang.

Selanjutnya untuk mengasah kemampuan anak bisa dengan mengarahkan anak agar suka membantu temannya (menjadi tutor sebaya). Dengan begitu, ada dua sisi positif yang bisa diperoleh. Pertama, bagi si anak bisa mengembangkan kemampuannya, sementara bagi anak yang dibantu akan lebih mudah memahami sesuatu karena dibantu teman sebaya. hanya yang perlu diarahkan, kapan anak harus membantu temannya, dan kapan tidak boleh.

(Sumber : Klinik Pendidikan JP-Unesa)

Satu Tanggapan to “Merangsang Aktif Membaca & Komputer Anak”

  1. salam kenal, tulisan sederhana namun bagus untuk diterapkan, anak saya juga hobi komputer..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: