MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Memancing Semangat Belajar Anak

Posted by marsaja pada April 10, 2008

Banyak faktor yang menyebabkan anak lamban dan malas belajar (tidak semangat belajar). Di antaranya karena faktor psikologis, kognitif, interaksi, dan sosial. Orang tua memegang peran penting untuk melakukan pencegahan dan terapi untuk anak. Yang pertama kali harus diperhatikan adalah menjaga suasana keluarga yang nyaman dan sejuk, sehingga meberikan rasa aman dan damai. Ini untuk mewujudkan perkembangan mental dan kejiwaan anak secara sehat.

Caranya, hindari perselisihan, pertengkaran dan ketegangan di depan anak, atau dengan anak. Hindarkan juga melakukan kekerasan terhadap anak serta memberi sanksi tanpa alasan yang masuk akal. Orang tua harus mengembangkan rasa percaya diri anak, dan berusaha memberi pemahaman yang positif tentang dirinya. Buat anak menyadari kekuatan-kekuatannya, dan berikan kesempatan untuk mengembangkannya.

Saat anak belajar, buatlah suasana yang cocok baginya supaya ia belajar tanpa rasa tertekan dan terpaksa. Usahakan anak mengetahui ia dapat belajar dengan cara terbaik. Tetaplah berada di dekatnya untuk mendukungnya selama mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR). Akhiri belajar kalau anak sudah merasa lelah. Jaga emosi ketika orang tua mengambil peran sebagai guru di rumah. Kalimat seperti “Apa kamu tidak mendengarkan penjelasan ibu tadi?” atau “Kamu belum mencobanya!” adalah kalimat-kalimat yang dapat menghancurkan mental anak.

Jangan mengkritik anak terus-menerus dan membandingkannya dengan kakak atau temannya. Anak harus diterima apa adanya, keberhasilan maupun kegagalannya. Kesabaran merupakan kunci keberhasilan belajar anak. Jaga harapan orang tua untuk tetap realistis, terimalah bahwa anak kadang-kadang “Kehilangan pegangan”, fokuskan pada keinginan anak, dan tuluslah memberi pujian. Yang juga sangat penting, tumbuhkan kebiasaan membaca pada diri anak sejak dini.

(Sumber : Klinik Pendidikan JP-Unesa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: