MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Manajemen TV untuk Pendidikan

Posted by marsaja pada April 10, 2008

Kalau kita melihat tayangan TV akhir-akhir ini, cukup banyak tayangan yang memperlihatkan  adegan kekerasan, baik acara olah raga atau film. Dari tayangan tersebut akhirnya ditiru anak-anak, seperti tayangan smack down, sehingga menyebabkan ada yang meninggal setelah mencoba adegan tersebut. Akhirnya, banyak menimbulkan protes dari berbagai kalangan, termasuk ada yang menyalahkan pengelola TV tersebut. Kita tahu, sebenarnya TV mempunyai dampak yang positif dan negatif. Sebaiknya, kita jangan menyalahkan siapa pun, tapi kita perlu berinstropeksi.

Dari berbagai kemungkinan masalah yang timbul, tentu peran orang tua tidak bisa diabaikan. Sikap orang tua terhadap TV akan mempengaruhi perilaku anak. Sebaiknya, orang tua lebih dulu membuat batas pada dirinya sebelum menentukan batasan bagi anaknya. Biasanya ketika lelah atau bosan pada kegiatan rumah, orang tua suka menonton TV. Tapi, kalau itu tidak dilakukan secara rutin, Kita bisa melakukan kegiatan lain, sehingga anak-anak akan tahu ada banyak cara beraktifitas selain menonton TV (mengalihkan kegiatan selain TV).

Usahakan TV hanya menjadi bagian kecil dari keseimbangan hidup anak. Yang penting, anak-anak cukup waktu untuk bermain bersama teman-teman dan mainannya, membaca cerita dan beristirahat, atau berjalan-jalan serta menikmati makan bersama keluarga. Umumnya anak-anak senang belajar dengan melakukan berbagai hal. Hal penting kedua adalah mengikutsertakan anak dalam membuat batasan. Tentukan apa, kapan, dan seberapa banyak acara TV yang ditonton. Tujuannya, anak menjadikan kegiatan menonton TV hanya sebagai pilihan, bukan kebiasaan. Anak boleh menonton hanya bila perlu.

Karena itu, video kaset bisa berguna. Rekam acara yang kita sukai lalu ditonton kembali bersama-sama pada saat yang sudah ditentukan. Cara tersebut akan membatasi karena anak hanya menyaksikan apa yang ada dalam rekaman itu.

(Sumber : Klinik Pendidikan JP-Unesa)

2 Tanggapan to “Manajemen TV untuk Pendidikan”

  1. anik said

    > Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/pendidikan/manajemen_tv_untuk_pendidikan/

  2. marsaja said

    Assalamu’alaikum
    Ya terima kasih atas komentarnya, salam kenal. Silahkan saja dipublikasikan ke “infogue” saya coba membuka blog “www.infogue.com tapi belum bisa, karena saya ingin mengetahui tentang isi dari blog tersebut.
    Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: