MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Strategi Optimalkan Kecerdasan Anak

Posted by marsaja pada April 9, 2008

Sistem pendidikan di Indonesia dinilai belum memihak pada pemenuhan hak anak-anak. Karena itu, kurikulum keluarga dinilai menjadi salah satu solusi pendidikan yang sepenuhnya untuk anak. Pendidikan anak pertama kali didapat dari keluarga sebagai macrosystem development atau sistem perkembangan makro. Keluarga merupakan sebuah lingkungan dimana anak kali pertama belajar dan mengenal suatu hal. Apapun bentuk pendidikan yang diterima anak di lingkungan keluarga bakal mempengaruhi perkembangan intelegensinya. Karena itu, orang tua harus merencanakan dengan tepat pendidikan bagi anaknya.

Untuk itu, anak harus perlu mendapatkan empat kebebasan dalam memperoleh pendidikan. Yakni, kebebasan intelektual, kebebasan emosional, kebebasan pembiayaan, dan kebebasan spiritual. Bila empat kebebasan sudah diberikan, langkah selanjutnya adalah mulai menyusun kurikulum keluarga bagi anak.

Pertama, dengan membangun karakter anak melalui pendidikan yang bertahap. Kedua, mengikuti dan mengakomodasi semua proses tumbuh kembang secara adaptif. Ketiga, memperkenalkan anak sejak dini pada banyak pilihan. Keempat, mengembangkan kemampuan anak secara utuh. Kelima, menemukan kekuatan dan potensi anak. Keenam, memberikan dorongan kemandirian pada anak sebagai target utama.

Cara lain, adalah dengan Multiple Intelegence (MI). karena MI termasuk salah satu cara mengoptimalkan kecerdasan anak. Dengan memahami, setiap anakmemiliki kecerdasan yang berbeda, maka orang tua tidak akan memaksakan anaknya untuk menguasai satu bidang tertentu saja.

(Sumber : Klinik Pendidikan JP-Unesa)

Satu Tanggapan to “Strategi Optimalkan Kecerdasan Anak”

  1. kaito724 said

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/pengetahuan_umum/strategi_optimalkan_kecerdasan_anak/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: