MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Tips Menghukum yang Mendidik

Posted by marsaja pada April 7, 2008

Bagaimanakah menghukum yang proporsional itu? Berikut ini ada beberapa syarat yang harus kita penuhi:

1. Menghukum tidak boleh dalam keadaan marah. Seorang anak tidak akan dapat menyadari kesalahan dari dalam hati jika orang tua/guru dengan penuh emosi memberikan hukuman.

2. Hukuman tidak boleh bersifat membalas dendam, umpamanya anak kita memukul adiknya maka kita tidak dapat memberikan hukuman kepadanya dengan meminta adiknya memukulnya atau kita sendiri memukulnya.

3. Hukuman harus ada hubungannya dengan kesalahan, umpamanya seorang anak mengotori lantai dia harus membersihkan lantai tersebut.

4. Hukuman tidak boleh memalukan anak dengan menghukum mereka dihadapan saudaranya yang lain atau bahkan dihadapan teman-temannya.

5. Hukuman dapat menjelaskan perlunya ketertiban, bukan melukiskan rendahnya kedudukan seseorang. Orang tua/guru harus memisahkan antara sikap yang menyimpang anak dan kepribadiannya. Sering terjadi orang tua hendak memperbaiki kesalahan anak dengan menjustifikasi seluruh kepribadiannya. Membuat garis pemisah antara tindakan dan pelakunya Si anak tetap mendapatkan pengakuan walaupun sikapnya itu tidak dapat diterima.

6. Sanksi yang diberikan bukanlah reaksi dari perilaku menyimpang anak, namun merupakan respon terhadap penyimpangan tersebut. Reaksi menanggapi perilaku anak dari pikiran pertama yang muncul. Respon adalah menanggapi perilaku anak setelah beberapa berpikir dengan mempertimbangkan sebab dan akibatnya, baik dan buruknya, untung dan ruginya.

7. Ajari anak untuk mengidentifikasi hal-hal yang mereka belum memahami bahwa hal tersebut adalah merupakan perilaku yang menyimpang.

Hukuman adalah senjata terakhir di dalam mendidik saat dalam kondisi darurat

(Sumber : Majalah Ticer KPI)

2 Tanggapan to “Tips Menghukum yang Mendidik”

  1. kaito724 said

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/pengetahuan_umum/tips_menghukum_yang_mendidik/

  2. marsaja said

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Trima kasih atas pendapatnya, salam kenal. saya juga menerima saran anda tentang konsep-konsep lain (pendidikan), seperti cara mendidik anak yang baik.
    Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: