MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Mengarifi Kondisi

Posted by marsaja pada April 4, 2008

    Bila kita melihat sajian berita di TV, tiap hari selalu ada saja “demo” oleh rakyat Indonesia. Mulai dari  masalah  ganti rugi (padahal seharusnya ganti untung), berita akan naiknya harga suatu barang, ketidakpuasan terhadap pemimpin, sampai konflik pilkada. Namun yang membuat kita prihatin adalah tentang terus naiknya harga sembako, yang terbaru adalah kelangkaan minyak, sulitnya mendapatkan gas elpiji, dll. Kalau kita jeli itu sebenarnya berkutat pada masalah logistik atau masalah “perut”. Mungkin, Bapak-bapak tidak terlalu bingung, tapi ibu-ibu sangat banyak yang bingung. Karena uang dari suami mungkin tidak cukup, sedangkan kebutuhan harus cukup.

Bagaimana kita harus menyikapinya?”Dengan demo atau mengekspresikan kekesalan ternyata harga tidak turun juga, dengan marah pada penguasa nyatanya belum ada tindak lanjut, Menteri mengadakan operasi pasar mungkin harga bisa berubah tapi besoknya naik lagi. Kita mengeluh, harga juga tidak turun. Lalu bagaimana sikap kita? “ada beberapa cara yang bisa kita renungkan dan laksanakan”:

1.   Berpikirlah positif. Setiap peristiwa pasti ada hikmahnya. coba dipikirkan kira-kira peristiwa itu maknanya apa, mungkin sebenarnya ada manfaatnya tapi kita belum tahu.

2.   Refleksi diri. Coba kita mengevaluasi lagi untung dan ruginya. Apakah sikap kita sudah benar apa salah, sikap kita lahir dari nurani atau sekadar ikut-ikutan. Maka sebaiknya kita jangan melawan arus atau terbawa arus, tetapi mengikuti arus.

3.   Bersikap kreatif. cobalah untuk menyikapinya dengan kreatif. jangan berpikir uang saya tidak cukup untuk membeli barang, tapi berpikirlah dari uang yang ada kita belikan barang supaya cukup. Contoh, kita bisa membeli bibit sayuran, seperti bayam, terong, cabai, tomat dll. Kemudian kita tanam di pekarangan kita, jika tidak punya bisa ditanam di pot atau polibag.

4.   Bersyukur, bersabar dan kita pasrahkan pada Alloh SWT. Apapun yang kita terima mari kita syukuri bahwa sebenarnya banyak nikmat Alloh swt yang dilimpahkan kepada makhluknya, seperti udara, air, kesehatan, dll. Coba bayangkan bila kita harus membeli oksigen, air, dll. Sekiranya kita ditimpa kesusahan, sebaiknya kita bersabar, jangan sampai menyalahkan orang lain, lebih-lebih menyalahkan yang menciptakan kita. Kita juga jangan berputus asa untuk selalu berusaha, agar pintu rejeki tetap terbuka. Dan sebaiknya apapun yang kita lakukan semuanya kita pasrahkan kepada Alloh swt.

Selamat merenung dan melaksanakan, kalau ada solusi lainnya silahkan dibalas. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: