MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Tips Mengasah Kecerdasan dan Kepribadian Anak

Posted by marsaja pada April 1, 2008

Anak-anak memasuki masa perkembangan golden age pada usia 0-3 tahun. Para orang tua harus memberikan perhatian ekstra pada masa-masa itu jika menginginkan anak mereka bisa berkembang sehat, cerdas, dan berkepribadian. Perhatian bukan sekedar soal kecukupan gizi. Pada masa golden age, kecerdasan anak berkembang cepat. Nah, bagaimana cara membantu perkembangan kecerdasan dan kepribadian anak secara optimal. Berikut ini beberapa tip atau caranya:

1. Latihlah anak agar memiliki pendirian. Contohnya, jika sedang bermain, arahkan anak agar terbiasa mengatakan “Siapa ikut saya?”, bukan “Saya ikut siapa?” Pertanyaan pertama mencerminkan anak yang memiliki kepribadian dan pendirian, sedangkan pertanyaan kedua mencerminkan sikap membeo.

2. Rangsanglah keaktifan anak. Membacakan buku cerita bergambar melatih anak untuk menjadi pendengar sekaligus pengamat yang baik. Lebih-lebih, pada bacaan itu ada gerakan-gerakan yang harus ditiruka. Itu sekaligus melatih motorik anak. Begitu pula dengan menggambar atau mewarnai.

3. Berika kegiatan atau tugas yang menunjang perkembangan kecerdasan. Misalnya, meminta anak untuk menyusun balok-balok atau merangkai, menata kembali mainannya. Berikan pujian setiap mereka menyelesaikan tugasnya.

4. Latihlah anak untuk mengungkapkan isi hatinya dan bertanya. Anak yang sering bertanya memiliki rasa ingin tahu (curiousity) yang besar.

Selamat mencoba. Kalau ada tip lain silahkan balas yaaa.

(Sumber : Klinik Pendidikan JP-Unesa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: