MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Metode Pembelajaran Guru, Pengaruhi Kecerdasan Siswa

Posted by marsaja pada Maret 31, 2008

     Peningkatan kualitas pendidikan bukan sekedar persoalan menambah fasilitas di sekolah. Hal paling penting yang juga harus dilakukan adalah memberikan metode pembelajaran yang benar pada siswa. Fasilitas tetaplah penting namun bukan yang nomor satu. Yang harus dikedepankan justru metode pembelajaran yang bertumpu pada guru. Banyak potensi siswa yang sering terabaikan oleh guru. Guru tak boleh berhenti bereksplorasi dan memperhatikan berbagai kecerdasan siswa.

Memang benar, tuntutan terhadap guru bukan hal yang mudah. Meng-up grade potensi guru tak cukup sekedar memberikan berbagai pelatihan. Yang paling baik adalah memberikan mereka lebih banyak waktu luang untuk membaca dan menimba pengetahuan baru.

Selama ini, guru terlalu banyak dibebani hal-hal yang tak semestinya. Laporan penting tapi janganlah menuntut guru membikin laporan yang tebal-tebal, biar kepala sekolahnya saja.

Satu hal yang tak kalah penting, guru juga harus selalu jeli untuk memanfaatkan alam sekitar sebagai bahan ajar. Contoh anak-anak suku Asmat, jika melulu menunggu fasilitas, meraka yang berada di daerah terpencil tak bakal berkembang. Anak-anak suku Asmat dapat belajar Biologi dari alam Irian. MIsalnya hutan, flora, dan fauna mereka. Jadi kita tidak boleh kalah kreatif.

(Sumber : Klinik Pendidikan JP-Unesa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: