MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Keberhasilan Sekolah Menerapkan MBS

Posted by marsaja pada Maret 31, 2008

     Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) menggunakan asumsi dasar bahawa sekolah yang paling mengetahui apa seharusnya dilakukan untuk meningkatkan mutu atau mengembangkan sekolahnya. Karena itu, dalam MBS, sekolah diberi kewenangan mengambil berbagai kebijakan operasional berlandaskan koridor yang ditetapkan secara nasional, yaitu : perencanaan dan evaluasi program sekolah, pengelolaan kurikulum, pengelolaan proses pembelajaran, pengelolaan keuangan, pelayanan kesiswaan, hubungan sekolah dan masyarakat, serta pengelolaan iklim sekolah.

Dalam MBS, pengambilan kebijakan di sekolah harus dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan stake holder, antara lain guru, siswa, komite sekolah, dan tokoh masyarakat yang menaruh perhatian pada pendidikan. Dengan cara itu diharapkan tumbuh rasa memiliki sekolah dari kalngan masyarakat, dan pada gilirannya akan meningkatkan partisipasi mereka dalam mendukung sekaligus mengontrol program-program sekolah.

Pelaksanaan MBS memerlukan lima syarat, yaitu: keterbukaan, kerja sama, kemandirian, akuntabilitas, dan sutainibilitas (kesinambungan). Di samping itu pelaksanaan MBS memerlukan perubahan sikap dan perilaku seluruh jaran kependidikan. Sekolah harus mampu secara aktif melakukan berbagai program inovasi dan tidak lagi menunggu petunjuk dari atas. Fungsi birokrasi pendidikan akan berubah dari penguasa menjadi konsultan dan fasilitator sekolah. Konsekuensinya, pertanggungjawaban sekolah tidak hanya kepada pemrintah, tetapi terutama justru kepada masyarakat.

(Sumber : Klinik Pendidikan JP-Unesa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: