MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Intisari Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat

Posted by marsaja pada November 17, 2008

Materi PKN SMP Kls VII Bab IV

Kemerdekaan mengemukakan pendapat pada dasarnya merupakan hak kebebasan untuk berkomunikasi. Hak tersebut memiliki cakupan yang luas, meliputi hak : memperoleh dan menyampaikan berbagai gagasan dan informasi, menyampaikan pendapat, melakukan debat secara kritis, melakukan penolakan, serta melakukan oposisi.

Hak kemerdekaan mengemukakan pendapat merupakan hak demokratis. Dalam arti, hak tersebut merupakan prasyarat bagi terwujudnya pemerintahan demokratis. Hak kemerdekaan mengemukakan pendapat dijamin oleh UUD 1945 hasil amandemen dan berbagai undang-undang.

Ada dua prinsip alam mengaktualisasikan hak kemerdekaan mengemukakan pendapat, yaitu kebebasan dan tanggung jawab. Prinsip kebebasan menghendaki agar hak kemerdekaan mengemukakan pendapat bisa dilaksanakan alam kondisi bebas. Sedangkan prinsip tanggung jawab menghendaki agar hak kemerdekaan mengemukakan pendapat bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan hukum yang ada serta mengindahkan norma agama, kesusilaan, dan kesopanan dalam masyarakat.

Untuk menjamin terwujudnya kedua prinsip itu, pemerintah mengatur berbagai hal berkenaan dengan hak mengemukakan pendapat di muka umum, yaitu UU NO. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaiakan Pendapat di Muka Umum.

Bentuk kegiatan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hak kebebasan menyampaikan pendapat di tempay umum, meliputi antara lain: unjuk rasa atau demonstrasi, pawai, rapat umum, mimbar bebas, pidato, dialog, diskusi, petisi, gambar, pamflet, poster, brosur, selebaran, spanduk, sikap membisu, an mogok makan.

Hak kemerdekaan mengemukakan pendapat merupakan kelompok hak sispil dan politik. Hal tersebut terutama diperlukan untuk membangun kehidupan demokratis, baik dalam kehidupan politik kenegaraan maupun sosial kemasyarakatan.

Aktualisasi haka kemerdekaan mengemukakan pendapat di rumah dan di sekolah pada dasarnya merupakan sarana pengembangan diri. Hall itu dilakukan melalui kegiatan menyatakan pendapat, menerima informasi, mencari informasi dan memberikan informasi yang sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usia dengan mempertimbangkan nilai-nillai kesusilaan dan kepatutan. (Sumber-Drs. Saptono, PHiBETA)

About these ads

30 Tanggapan to “Intisari Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat”

  1. haek said

    ^_~

  2. haek said

    i will sex with you

  3. [...] Intisari Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat [...]

  4. sCReAM said

    oyeah

  5. Arisato-kun said

    makasih ya…
    berkat artikel ini gw jadi bisa ngerjain PR liburang tntang kemerdekaan mnyatakan pendapat… Makasih banget yaaa ^^ XD

  6. dewa bima said

    wew susah ngertiin na………….

  7. Sheilla said

    Terima Kasih ya ! Cz sangat membantu buat ulangan Pkn bsok ! Do’akan aku ya !!! ^_^

  8. makasih ya ^^ XD

  9. cuyex asu said

    tentang pkn

  10. klo bleh terbitin fto nya juga,,,,,!!!!

  11. kurnia pratiwi said

    cah ndolot piyeeeeeeeee bungeeeeeeeettttttttttt !!!!!!!!!!!!
    emang loe tau apaaaaaaaaaa
    kata kata loe nie gile banget gituuuuuu booossss !!!???????-)

  12. kurnia pratiwi said

    berkat loeeee gue bisa ngerjain ulaNGaaan……………ayeeee

  13. painem said

    kuda liar yang gila dan setres sehingga dia menjadi maaaaaaaaatiiiiiiiii !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  14. tolong, cariin tentang kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum ya………

    msh krang lengkap ne…..

  15. ♦STsetia Yudha♦ ☻☻ said

    gak ada gmbrnya jdi krang lngkp

  16. c.adli.h said

  17. Nur Islah Pretyasih said

    artikel-nya ada ga?

  18. febri said

    gak ada peta konsepnya,,,tugasku kan di suruh buat peta konsepnya

  19. febri said

    gak lengkap

  20. tanita said

    Aku cari kemerdekaan mengemukakan pendapat yg benar=slah..
    pliz..inie tugas…

  21. lumayan,meskipun gk lengkap tapi sedikit membantu kok…,,,

  22. Maharani Fajria said

    ahihiy… ketemu juga akhirnya… :)

  23. sukarmin said

    unyuuu aduch akoe tuch pucing bGdd,,,pkn tuch cusah bgdd puhlease,,,,help mee!!!,!!

  24. sukarni (lebih kece) said

    achh guruku nyebelin bgdd dech ngasih tugas mpe segininya uhh ! !
    #deardiary #curhat #maaf #hehe #prayforsukarni

  25. goodman said

    bagus banget inpoh nya gan

  26. Taiga said

    Pkn susah ya =’)))) =A=

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: