MAR_SAJA

Mesem minangka tandane syukur

Penyimpangan terhadap Konstitusi

Posted by marsaja pada November 10, 2008

Salah satu tujuan penyusunan konstitusi adalah membatasi kekuasaan negara. Dengan adanya konstitusi, penyelenggara negara diharapkan dapat menggunakan kekuasaannya secara bertanggung jawab. Hal itu setidaknya ditunjukkan melalui kesediaan para pemegang kekuasaan negara untuk menaati ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan alam konstitusi.

Dalam kenyataannya, ada banyak penyimpangan dalam pelaksanaan konstitusi kita. Berikut akan dikemukakan sejumlah penyimpangan konstitusi yang terjadi pada masa UUD 1945 (Konstitusi I), Konstitusi RIS 1949, dan UUDS1950. Penyimpangan konstitusi paling parah terjadi pada masa berlakunya UUD 1945 (Konstitusi I), baik pada masa Orde Lama (1945 – 1949, 1959 – 1966) maupun Orde Baru (1967-1998). Penyimpangan relatif kecil paa masa berlakunya Konstitusi RIS 1949 dan UUDS 1950. Bahkan, penyimpangan terhadap Konstitusi RIS 1949 bisa dikatakan tidak ada. Ini karena Konstitusi RIS hanya berlangsung beberapa bulan saja (Desember 1949 – Agustus 1950).

Penyimpangan yang mencolok pada masa UUDS 1950 adalah praktik adu kekuatan politik. Akibatnya, dalam rentang waktu 1950 – 1959 terjadi 7 kali pergantian kabinet. Selain itu ada pertentangan tajam dalam Konstituante yang merembet ke masyarakat, termasuk partai politik.

Pada masa Orde Lama dan Orde Baru, ada begitu banyak penyimpangan konstitusi. Adapun bentuk-bentuk penyimpangan UUD 1945 pada masa Orde Lama, misalnya : 1. Kekuasaan Presiden dijalankan secara sewenang-wenang; hal ini terjadi karena kekuasaan MPR, DPR, dan DPA yang pada waktu itu belum dibentuk dilaksanakan oleh Presiden. 2. MPRS menetapkan Oresiden menjadi Presiden seumur hidup; hal ini tidak sesuai dengan ketentuan mengenai masa jabatan Presiden. 3. Pimpinan MPRS dan DPR diberi status sebagai menteri; dengan demikian , MPR dan DPR berada di bawah Presiden. 4. Pimpinan MA diberi status menteri; ini merupakan penyelewengan terhadap prinsip bahwa kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka. 5. Presiden membuat penetapan yang isinya semestinya diatur dengan undang-undang (yang harus dibuat bersama DPR); dengan demikian Presiden melampaui kewenangannya. 6. Pembentukan lembaga negara yang tidak diatur dalam konstitusi, yaitu Front Nasional. 7. Presiden membubarkan DPR; padahal menurut konstitusi, Presiden tidak bisa membubarkan DPR>

Sedangkan bentuk-bentuk penyimpangan UUD 1945 pada masa Orde Baru meliputi, antara lain : 1. Terjadi pemusatan kekuasaan di tangan Presiden, sehingga pemerintahan dijalankan secara otoriter. 2. Berbagai lembaga kenegaraan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, hanya melayani keinginan pemerintah (Presiden). 3. Pemilu dilaksanakan secara tidak demokratis; pemilu hanya menjadi sarana untuk mengukuhkan kekuasaan Presiden, sehingga presiden terus menenrus dipilih kembali. 4. Terjadi monopoli penafsiran Pancasila; Pancasila ditafsirkan sesuai keinginan pemerintah untuk membenarkan tindakan-tindakannya. 5. Pembatasan hak-hak politik rakyat, seperti hak berserikat, berkumpul dan berpendapat. 6. Pemerintah campur tangan terhadap kekuasaan kehakiman, sehingga kekuasaan kehakiman tidak merdeka. 7. Pembentukan lembaga-lembaga yang tidak terdapat dalam konstitusi, yaitu Kopkamtib yang kemudian menjadi Bakorstanas. 8. Terjadi Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) yang luar biasa parahnya sehingga merusak segala aspek kehidupan, dan berakibat pada terjadinya krisis multidimensi.

About these ads

73 Tanggapan to “Penyimpangan terhadap Konstitusi”

  1. pel ini d’skolah d’ulang” melulu
    SEBEL…………………. :-(

  2. anju karta said

    PLEASE
    di pel pkn jgn bahas” ini melulu
    :putnam:
    (^^^)

  3. saya said

    mas isi blog mas di pake guru PKn saya buat ngajar

    kok bikinnya panjang 2

  4. denish said

    kweeana ini pel saiia deh

  5. fina hia(honkong) said

    aduh ampun 5tahun gak pernah makan namanya ppkn suruh blajar lagi keok niiiiiiich

  6. eka meria said

    huh…
    5neNg dech,di kCih tgas
    “PKN”….

  7. arin amatur rahim said

    terbantu niih ^^

  8. Ester said

    Kalo contoh2 dari kOnstitusi dalam kehidupan sehari – hari itu ap2 aj ea?

    MksH.,

  9. Azzam said

    Kak tolong donk jelaskan penyimpangan konstitusi di Indonesia beserta pasal yang dilanggarnya….. Terima Kasih..

  10. L30 said

    Ngan rumit2 tinggal ka & ca

  11. Maulidya Fadhilah said

    thnks buat informasinya. bisa jadi bhan buat di sklh

  12. Firllita said

    mau nannya nih kalo penyimpangan konstitusi tuh apa?

  13. […] Penyimpangan terhadapĀ Konstitusi […]

  14. mimmi linna said

    kasih tau dong fungsi konstitusi tu sebenernya apa???baca artikel malah muter2…hemm

  15. Handy said

    terbantu nih tugas guru, tq yee

  16. bambang yudha prabowo said

    makasi byk ya bs bntu tgs skolah…………

  17. q sich ska,, mank ruwet bgt ya???

  18. q suka bgt, cman sometimes good sometimes bad!
    tpi q ttep ska,,

  19. aji utomo said

    ah parah

  20. adline said

    bikin pala mumet.. huh..

  21. Galih Andika said

    Good good ! Mampir ya ke blogku

  22. ika said

    duh tugas melulu nich bosen banget :(
    :,(

  23. calon anak SMA gontor said

    Presiden membubarkan DPR?kapan???

    makasih ya tugas pkn-ku jadi lebih mudah :)

  24. raiza said

    Yang masa reformasi ada ga om ? , ada tugas nih Pliss

  25. ikhsan cuakep said

    apa cich penympgn konstitusi pd ms reformasi…?? org baik jwb dong…!!! ???,,,

  26. Nur Fadhilah said

    Makasih. Sdh sangat membantu :)

  27. Bagus nie yg gua pngen cari tahu udh puyeeeng gua ngurusin pel. Nie d skul ..

  28. Zahra said

    thanks for the article. it’s usefull and easy to read. and it also help me to do my PKn homework

  29. dwi dan nuke said

    kalo penyimpangan konstitusi pada masa reformasi mana yaa….
    kasih tau donk

  30. asyik makasih taz info nx…

  31. makasih taz info nx…

  32. putri sekarwangi said

    duch,,info’a bner bgt nichh ,,,mkch ea???? ;)

  33. putri sekarwangi said

    bner bgt,,,,,,,,

  34. GE moetz said

    padahaL jawabaN akqu benerr. . .tappi koqkz dpett niLai 5 ea ? ?
    jaNgan” guru.nna ada gangguaN Nich . . .
    huft :(

  35. padahaL jwban akqu bener…koqkz akqu malah dpetz 5 sich ? ? :'(
    ach,,sadizz guru’a
    appa akqu ugga yaNg saLah
    hehehe :D

  36. thanks ya. ngebantu banget!!

  37. Fajar said

    haha,,, ketemu juga nihh forum

  38. diiyah bikien sebhul said

    guud , guud..
    ini mmbantu sya bnget dlam mmbuat tgas …..

  39. lusi cici said

    wah….
    mnurutku ni infonya lbih lngkap dri yg q btuhin
    mkasih banyak ya .. infonya…
    infonya banyak membantu…..!!!

  40. @Asadia_Akil said

    makasih ya! saya cukup terbantu.

  41. annisa setiadin said

    allhamdulillah ya, ini membantu saya, terimakasih.

  42. hanna adelya said

    kurang lengkap -_-

  43. alam said

    thanks gan bantu w banget . . :D

  44. terbantu banget … :)
    thanks ya…

  45. Fitra yeni said

    Saya kira informasinya sudah bagus tapi akan lebih bagus apabila diberi keterangan waktu-waktu penyimpangan tsb

  46. nonix said

    thx ya informasinya Ok
    informasinya sudah bagus tapi akan lebih bagus apabila ditambahkan lagi.
    ok!!!

  47. cahya said

    cukup membantu

  48. icha said

    knpa kelemaha RIS ndak ada………. :(

  49. Cristian Prabu said

    Ribut~ribut bahas ini pehhhhhh

  50. Kristi Y.P said

    berguna banget buat tugas sekolah…..

  51. Paskalis Leo said

    Trims ya ak hri ini terbantu dri PPKn. Thnks ya

  52. Farhan said

    yg mana Penyimpangannya UUD Ris-UUDS

  53. R.KAMMIM said

    IYA TUGAS CEPAT SELESAI COK

  54. smitty said

    TY

  55. Cemal Cemilll said

    heeeaaaaa….. ! Yang akuuu cariii gak ada di siniii .. huuhh

  56. derla said

    yang Reformasinya ada gak…??

  57. dwiek said

    pkn bikin susah

  58. agustien harianto said

    ah lu smua pada lebay deh, lumayan lah di kasih pelajaran pkn dari pada lu manyun hahahhahahaha

  59. BELLA said

    pus1nng9g w n93rjain NyA

  60. wanda said

    di jadiin bahan di kampus :-D
    maksih infonya ^_^

  61. wanda said

    bahan debat maksudnya :-D

  62. tentang konstitusi sangat susah ya…..

  63. nia said

    buat ngisi” kisi” persiapan UAS nih , THANKS atas infonya :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: